Sukses

8 Cara Memasak Menu Sahur dan Buka Puasa Lebih Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Memasak sajian buka puasa maupun sahur di bulan Ramadhan tentu perlu mempersiapkan beragam hal. Demi mempersingkat proses masak, Anda dapat menerapkan beberapa cara.

Salah satunya, agar tidak terburu-buru, Anda dapat menyiapkan bahan-bahan dari sebelum waktu memasak. Misal, mengiris bahan maupun membumbuinya.

Selain itu, berikut cara-cara lain supaya memasak jadi lebih cepat, seperti dilansir dari Thekitchn, Senin, 12 April 2021.

1. Memahami Urutan Masak

Sebelum memulai masak, sebaiknya luangkan waktu satu menit untuk memikirkan masakan apa yang ingin Anda buat. Jika membuat beberapa hidangan, Anda dapat memilih mana yang membutuhkan waktu paling lama untuk dimasak dan urutkan dengan tepat ketika menyiapkan bahan. 

2. Siapkan peralatan

Menyiapkan peralatan yang dibutuhkan ini juga dilakukan bersama menyisihkan peralatan yang tidak digunakan. Dengan hanya melihat peralatan yang digunakan, waktu memasak Anda bakal jauh lebih efisien.

3. Segera didihkan air

Apabila ingin lebih cepat ketika sedang masak makanan dengan cara direbus, segera didihkan air selagi menyiapkan bahan. Jangan lupa tutup panci agar air lebih cepat mendidih.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Isi wajan dengan bahan makanan

Dengan begitu, Anda tak perlu mondar-mandir untuk mengambil bahan makanan selama proses memasak.

5. Bersihkan produk

Cara selanjutnya untuk membantu memasak lebih cepat, yakni dengan memotong bagian atas sayur dan hilangkan bagian akar. Setelah itu, dicuci hingga bersih. Gabungkan bahan yang perlu Anda cuci agar tidak memakan banyak waktu.

6. Pahami resep

Bila belum mengetahui resep masakan yang Anda buat, alangkah baiknya mencari tahu lebih dahulu dan memahami metode memasaknya. Bisa juga dengan membuat rincian dan ringkasan lebih mudah.

7. Potong makanan jadi potongan kecil

Menumis adalah salah satu teknik terbaik dalam memasak cepat. Ketika ingin menumis, usahakan sayuran dipotong kecil-kecil, karena semakin kecil potongannya, semakin cepat proses memasaknya.

Catatan, saat memasak ayam, terutama pada bagian dada, iris lebih tipis supaya matang dalam hitungan menit.

8. Menyiapkan tempat sampah

Persiapkan tempat sampah ketika sedang memasak. Letakkan tempat sampah di sebelah area tak jauh dari tempat Anda memasak.

Cara ini sangat berguna untuk meminimalkan sisa makanan yang jatuh di lantai dapur agar tidak berantakan. Usahakan tempat sampah sudah ganti plastik baru atau belum ada kotoran lainnya agar tidak menggangu ketika sedang memasak. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.