Sukses

Ini Langkah yang Perlu Dipersiapkan Saat Interview Kerja Secara Online

emi memutus penyebaran virus Covid-19 banyak kegiatan dilakukan secara online. Mulai dari rapat sampai interview kerja. Memang bagi banyak orang itu tidak biasa. Pasalnya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Demi memutus penyebaran virus Covid-19 banyak kegiatan dilakukan secara online. Mulai dari rapat sampai interview kerja. Memang bagi banyak orang itu tidak biasa. Pasalnya, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan hal tersebut.

Untuk interview kerja memang menjadi tantangan tersendiri bagi pelamar. Soalnya, ia diharuskan bertatap muka melalui kamera. Mungkin hal itu tidak pernah dilalui oleh banyak orang bukan. Gugup sudah pasti. Dilansir liputan6, berikut langkah agar bisa membuat kamu sukses interview kerja online.

Mengetahui detail pekerjaan dan perusahaan

Saat Anda diundang untuk wawancara secara online, alangkah baiknya mengetahui tentang perusahaan yang akan wawancara Anda. Mengenai produk maupun sejarah mengenai perusahaan. Selain itu, persiapkan tentang serba-serbi pekerjaan yang akan Anda lamar. Mulai dari jobsdesk sampai flow mengenai pekerjaan itu.

Gunakan laptop atau komputer

Demi mendapatkan hasil visual dan sound terbaik, lebih baik menggunakan laptop atau komputer ketimbang ponsel. Menggunakan ponsel tidak akan terlihat baik karena ponsel bisa saja bergetar dan mengganggu.

Berpakaian rapi dan berdandan

Walaupun wawancara secara online, Anda tetap harus menggunakan pakaian yang rapi dan berdandan. Jangan sampai, wajah terlihat kusam seperti wajah bangun tidur. Tentu hal itu akan menjadi penilaian Anda saat wawancara.

Berlatih 

Wawancara online adalah hal nyata jangan sampai kehilangan kesempatan untuk bekerja. Berlatih waancara dengan teman dengan memerhatikan ekspresi dan gerakan saat berbicara. Fokus pada pewawancara dan anggap kamera tidak ada, mentap kamera sangat diperlukan sehingga pewawancara melihat mata dan tidak melihat ke bawah.

Jangan banyak bergerak dan selalu tenang dengan banyak tersenyum dan tunjukkan antusisme untuk pekerjaan yang ditawarkan.

Jaringan internet stabil

Dengan memastikan kestabilan jaringan internet, Anda bisa menghindari gangguan saat interview online. Jangan sampai terjadi kesalahan teknis yang membuat suara pewawancara tak terdengar, atau penjelasan Anda tidak tersampaikan dengan baik.

Hal ini kerap terjadi saat wawancara secara online. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan jaringan wifi atau provider yang memiliki jaringan stabil. Pilihlah provider yang memiliki kualitas jaringan sampai ke pelosok. Dengan jaringan lancar, interview kerja pun akan berhasil.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.