Sukses

Hal Ini Perlu Diperhatikan Agar Kucing Tidak Cedera Akibat Kalung yang Dipakai

Memilih kalung pada kucing bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal mendasar yang sangat perlu diperhatikan adalah ukuran.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar cat lover pasti menginginkan kucing peliharaannya terlihat semakin menggemaskan. Selain perawatan rutin, penambahan aksesori akan mempercantik penampilan si anabul. Dari berbagai banyak pilihan, kalung menjadi must have item guna menambah estetika. Selain menjadi semakin lucu, suara gemerincing yang dihasilkan kalung bisa menjadi penanda kalau mamalia berbulu lebat ini sedang ada di sekitar kita.

Namun penggunaan kalung tidak bisa dilakukan sembarangan. Lakukan tips ini agar kucing tidak cedera akibat benda yang menempel di lehernya

Pastikan Ukuran Kalung Sesuai dengan Leher Kucing

Memilih kalung pada kucing bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal mendasar yang sangat perlu diperhatikan adalah ukuran. Jika kalung terlalu ketat, maka akan membuat leher kucing tercekik. Akan tetapi jika ukurannya terlalu longgar, bisa jadi membuat  perasaan anabul tidak nyaman dan berusaha keras untuk melepaskannya. Untuk mencari ukuran yang aman, berikan celah antara kalung dan leher kita-kira sekitar 1-2 ruas jari. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kenali Bahan Dasar Kalung yang Dipakai Kucing

Seiring dengan banyaknya variasi aksesori, kalung pada kucing juga bisa terbuat dari berbagai macam bahan. Yang paling umum adalah berbahan dasar plastik, nilon, kulit sintetis, karet, besi, dan masih banyak lagi. Jika anabul terpantau menunduk setelah memakai kalung berbahan dasar besi, maka lepaskanlah. Ini terjadi karena massa dari besi terlampau berat untuk ditopang leher kucing. Demikian pula risiko iritasi yang diakibatkan oleh kalung berbahan nilon yang mudah menyerap keringat. Setelah mengenali karakteristik aksesori yang dikenakan, langkah selanjutnya adalah memantau dampak yang dihasilkan kalung terhadap kucing secara berkala 

3 dari 5 halaman

Batasi Durasi Pemakaian Kalung Pada Kucing

Beberapa kasus cedera leher pada kucing akibat memakai kalung adalah lamanya durasi pemakaian. Lihat saja, tumbuh kembang anabul yang yang cepat tidak berbanding lurus dengan aksesori yang statis menempel di lehernya. Bisa-bisa, akan muncul cedera di leher tanpa sepengetahuan kita. Segera bawa ke dokter jika mengalami cedera ya.

 

4 dari 5 halaman

Pastikan Kucing Merasa Nyaman

Jangan biarkan kucing merasa terganggu atau bahkan tersiksa dengan adanya kalung yang melingkar di leher mereka. Kode yang mereka berikan akibat perasaan yang tidak nyaman adalah anabul jadi sulit menunduk, sering gelisah terhadap belakang kepalanya, dan berusaha melepas kalung dengan segala cara. Jika sudah seperti ini, segera lepaskan ikatan yang ada di lehernya agar kucing bisa merasa nyaman.

 

5 dari 5 halaman

Prioritaskan Kebutuhan Kucing

Kalung adalah aksesori tambahan yang apabila tidak dipasang juga tidak memberikan memberikan dampak buruk bagi kucing. Terkecuali kalung anti parasit yang memang ditujukan agar anabul kesayangan kita terhindar dari parasite di tubuhnya. Adapun hal yang perlu diprioritaskan sebelum memperhatikan estetika pada peliharaan adalah kesehatan. Karena kucing yang sehat akan juga akan memancarkan keceriaan dan membuatnya semakin menggemaskan

Untuk menjaga kesehatan kucing, berikan asupan makanan bernutrisi tinggi seperti Muezza. Selain mengandung nutrisi seimbang yang baik bagi tumbuh kembang kucing, Muezza juga hadir dalam varian rasa salmon, tuna, ikan laut, dan mackerel yang pasti disukai si anabul. Diproses dengan teknologi modern, Muezza telah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Jadi jangan sampai kehabisan Muezza ya. Beli sekarang juga di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.