Sukses

Cara Terbaik untuk Turunkan Berat Badan di Tahun Baru 2021

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menurunkan berat badan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru 2021 bagi banyak orang untuk menjalani resolusi yang telah ditetapkannya, salah satunya menurunkan berat badan. Selain itu, ada juga yang berusaha untuk menerapkan pola makan sehat, dan kebugaran.

Saat ini masyarakat  dibombardir dengan kisah-kisah penurunan berat badan selebritas dan diet yang mereka jalani untuk menurunkan berat badannya. Namun, ahli gizi yang berbasis di Canberra, Kate Freeman, percaya "diet sudah mati". "Berapa sering Anda berhasil menjalankan diet, atau kembali kepada kondisi semula atau bahkan lebih buruk lagi," kata dia, seperti dilansir dari laman nzheral.conz, Jumat, 1 Januari 2021.

Orang dapat menurunkan berat badan, memiliki banyak energi dan merasa lebih bugar dan kuat tanpa perlu mengikuti diet yang tidak sehat dan tidak realistis. Freeman mengatakan dia telah mendengar terlalu banyak cerita horor tentang diet ketat yang memberikan hasil jangka pendek, tetapi dengan cepat menyebabkan rasa bersalah pada makanan, kebingungan, makan berlebihan, dan ketidakpuasan tubuh.

"Diet dapat memberikan hasil yang cepat, tetapi juga disertai stres dan kecemasan," kata Freeman. "Tidak ada lagi diet tanpa makanan - membangun kebiasaan makan yang sehat memberikan hasil jangka panjang."

Freeman menyelenggarakan podcast nutrisi harian dan serial YouTube berjudul The Daily Dollop yang mencakup pendekatan berkelanjutan untuk semua topik hangat diet, termasuk gula dan karbohidrat, ngemil, mengidam, penurunan berat badan, dan perencanaan makan.

Dia juga menjalankan satu-satunya program membangun kebiasaan makanan sehat secara online di Australia, The Healthy Eating Hub. "Makan sehat adalah keterampilan yang bisa dikuasai tanpa manipulasi emosional dari industri diet," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips yang Perlu Dilakukan

Untuk menurunkan berat badan, Freeman memberikan tips yang tidak boleh dilakukan, dilansir dari nzheral.conz, Jumat, 1 Januari 2021. 

Jangan menetapkan ekspektasi penurunan berat badan yang tidak realistis - Kehilangan lemak yang sebenarnya membutuhkan waktu. Jika ekspektasi Anda terlalu tinggi, kemungkinan besar mereka tidak akan terpenuhi.  Bersabarlah dan gunakan penanda kesuksesan lain seperti perasaan Anda atau lacak konsistensi Anda dengan kebiasaan sehat.

Jangan membuat sendiri seperangkat aturan makanan untuk diikuti - Tanpa cokelat. Tanpa gula. Tidak ada gluten. Tidak ada daging. Tidak ada junk food. Kecuali Anda memiliki alasan medis atau etis untuk menghindarinya, Anda tidak perlu menghentikannya. Jangan menetapkan aturan yang hanya akan Anda lawan nanti. Psikologi memberi tahu kita bahwa aturan adalah cara inferior untuk menghasilkan perubahan jangka panjang.

Jangan hentikan kelompok makanan utuh - Tidak perlu memotong makanan untuk menurunkan berat badan. Penurunan berat badan membutuhkan terciptanya defisit energi dan kesehatan membutuhkan kualitas makanan yang konsisten. Ini berarti Anda perlu mengetahui berapa banyak energi yang dibutuhkan tubuh Anda dan makan yang sesuai dan bahwa apa yang Anda makan memberi tubuh Anda banyak vitamin, mineral, dan komponen penunjang kesehatan lainnya.

Jangan melakukan detoksifikasi atau pembersihan - Tidak ada bukti ilmiah yang berhasil. Ini tidak akan menghasilkan penurunan berat badan jangka panjang. Kehilangan cairan jangka pendek, ya. Kehilangan lemak jangka panjang, tidak.

Jangan membeli suplemen yang mahal - Suplemen ini seringkali mahal tanpa dukungan ilmiah dan dalam konteks pola makan yang buruk secara konsisten tidak akan mengakibatkan penurunan berat badan.

Jangan terlalu ketat pada makanan - Penurunan berat badan membutuhkan defisit energi. Namun, jika Anda mengurangi asupan energi secara drastis, Anda akan merasa lapar, lelah, dan cenderung makan berlebihan saat makan berikutnya. Ciptakan defisit energi sederhana yang dapat Anda tahan juga, sehingga tubuh Anda memiliki cukup energi. 

Jangan mencoba mengubah segalanya sekaligus - Psikologi memberi tahu  bahwa perubahan yang dimulai sendiri itu menantang dan membutuhkan pemikiran kritis, coba-coba, dan fase pemeliharaan sebelum menjadi bagian dari hidup Anda. .

Jangan berfantasi - Berfantasi sebenarnya kontraproduktif terhadap perubahan perilaku jangka panjang. Jadi, buang #fitspo yang membuat Anda merasa #crapso dan tentukan sendiri perubahan yang realistis dan berkelanjutan yang benar-benar dapat Anda jalani. Dengan begitu, Anda tidak hanya menurunkan berat badan dalam jangka pendek, tetapi Anda melakukannya seumur hidup.

3 dari 3 halaman

5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.