Sukses

Alasan Diet Mediterania Disebut yang Terbaik

Diet Mediterania disukai banyak orang karena mudah untuk dijalani.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini ada beragam jenis diet yang dijalani masyarakat, salah satunya diet Mediterania. Diet ini disebut konsisten menempati peringkat yang terbaik.

Apa yang orang makan bisa menjadi kunci kesehatan dan umur panjang. Orang yang tinggal berbatasan dengan Laut Mediterania cenderung memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah dan hidup lebih lama daripada orang Amerika misalnya.

Diet Mediterania sarat dengan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Diet ini meminimalkan gula, natrium, makanan olahan, karbohidrat olahan, lemak jenuh, dan lemak atau daging olahan.

Untuk membuat diet Mediterania lebih mudah dipahami, pada 1993 kelompok nirlaba Oldways bermitra dengan Harvard School of Public Health dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membuat piramida diet Mediterania, alternatif yang lebih sehat dari piramida makanan Departemen Pertanian Amerika Serikat.

“Diet Mediterania adalah salah satu cara makan yang paling sehat,” Samantha Cassetty, ahli diet dan ahli penurunan berat badan, dikutip dari laman Today, Selasa, 22 Desember 2020.

Diet Mediterania adalah pola makan nabati yang tanpa mengecualikan lemak sehat. Menurut para peneliti, diet Mediterania terbaik secara keseluruhan dan termudah untuk dijalani pada 2018, 2019, dan 2020. “Pakar kesehatan menyukai diet Mediterania. Itulah diey yang seharusnya (dijalani), ”kata Karen Ansel, ahli diet.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disukai Banyak Orang

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrition & Diabetes menganalisis pola makan lebih dari 32 ribu orang Italia selama rata-rata 12 tahun. Studi itu menemukan hubungan antara diet Mediterania dan tingkat yang lebih rendah dari penambahan berat badan dan lebih sedikit peningkatan lingkar pinggang.

Sementara itu, The American Heart Association melaporkan bahwa diet Mediterania dapat membantu mengurangi kelebihan kolesterol. Diet ini juga dapat menjaga agar pembuluh darah tetap terbuka.

“Ini adalah pola makan yang sehat untuk hampir semua orang,” kata Ansel. Dengan pilihan makanan yang tepat, diet ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Diet ini bisa berhasil jika orang ingin meningkatkan kesehatannya secara keseluruhan hingga merasa nyaman dengan berat badannya.

Karena makanan yang dikonsumsi tinggi serat dan kaya akan air hingga merasa kenyang, maka banyak orang yang menyukai diet ini.  Diet ini  juga orang bisa mengonsumsi daging dan manisan sessekali. “Bagi orang yang lebih tertarik pada pola makan nabati, ini memiliki fokus yang fleksibel tetapi tidak menghilangkan makanan hewani,” kata Cassetty.

Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk vegetarian dan vegan.  Selain itu, diet Mediterania dapat membantu  seseorang menua dengan sehat, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, mengatur gula darah, melawan kanker, melindungi dari demensia, dan meningkatkan bakteri usus. Sebuah penelitian sederhana menemukan bahwa diet ini dapat membantu seseorang meringankan gejala depresi.

3 dari 3 halaman

5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.