Sukses

Cerita Akhir Pekan: Staycation di Dekat Rumah Saat Libur Tahun Baru 2021

Agenda staycation di masa libur tahun baru 2021 dilakukan tentu tanpa menggadaikan praktik protokol kesehatan. Ada penawaran apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Euforia libur tahun baru 2021 boleh saja mulai terasa, tapi jangan sampai melupakan fakta bahwa pandemi corona COVID-19 masih berlangsung. Karenanya, memilih agenda selama periode ini tentu harus tetap mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan, baik diri sendiri maupun orang lain.

Tanpa mengesampingkan protokol kesehatan, staycation, yang sejak beberapa bulan lalu jadi opsi menarik untuk sejenak berganti suasana, bisa dipertimbangkan sebagai salah satu pilihan. Meminimalisir risiko, ini sebaiknya dilakukan di dalam kota.

Juwita Agatari, marketing communication manager de Braga by ARTOTEL, mengatakan bahwa pemesanan kamar memang terdampak, mengingat biasanya banyak tamu dari luar kota. Kendati demikian, minat dari warga dalam kota pun tetap ada.

Narasi senada juga diutarakan director of sales and marketing Novotel dan Ibis Style Mangga Dua Square, Ria Andrinie. "Okupansi untuk tanggal 31 (Desember 2020) baru sekitar 30 persen," katanya melalui pesan suara pada Liputan6.com, Sabtu, 26 Desember 2020.

Sementara, berdasarkan data tiket.com yang dijabarkan Sandra Darmosumarto, PR manager tiket.com, per November 2020, tingkat recovery okupansi sektor perhotelan menunjukkan peningkatan, di mana data pemesanan hotel lebih tinggi 67 persen dibanding kuartal ke-3 2020.

"Berdasarkan pesta diskon tahunan Online Tiket Week (OTW) LOKAL pada 23--31 November, sebanyak 74 persen transaksi pemesanan hotel diperuntukkan untuk menginap pada awal Desember, 20 persen memesan hotel untuk liburan tahun baru hingga pertengahan Januari, dan sisanya untuk sepanjang 2021," terang Sandra melalui keterangan tertulis, Jumat, 26 Desember 2020.

Pemesanan kamar hotel pada ajang OTW LOKAL mengalami lonjakan transaksi harian hingga 118 persen di destinasi wisata populer domestik. Hotel-hotel terpopuler ini berlokasi di Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sekaligus Wisata Kuliner

Pergeseran kebiasaan berlibur di dalam kota, kata Sandra, jadi salah satu faktor meningkatnya okupansi hotel-hotel di sejumlah wilayah Indonesia. "Kami melihat bahwa pola perubahan ini justru jadi sinyal positif untuk eksplorasi destinasi wisata domestik. Indonesia punya banyak sekali destinasi yang bagus, tapi sebelumnya tak terekspos," katanya.

Sejak pelonggaran PSBB pada pertengahan tahun, tiket.com fokus mengajak masyarakat menikmati liburan di dekat rumah dengan tetap mengimplementasikan protokol kesehatan. "Ini sejalan dengan arahan pemerintah untuk memberi inspirasi perjalanan domestik, guna mendukung kampanye berlibur di Indonesia," imbuhnya.

Juwita mengatakan, pergerakan di dalam hotel terbilang masih bisa terkendali. "Tetap ada dinner, walau tidak kumpul-kumpul dan tidak ada live music," ungkapnya melalui sambungan telepon, Rabu, 23 Desember 2020.

Di samping itu, pihaknya punya ragam penawaran yang bisa dinikmati di dalam kamar. Salah satunya adalah kelas melukis secara daring hasil kerja sama dengan Bartega.

Ria menambahkan, selain berpindah tempat beristirahat, staycation juga bisa jadi ajang wisata kuliner. Pasal, restoran hotel biasanya punya ragam menu dan signature dish yang tak kalah menggoda untuk dicicip.

3 dari 5 halaman

Ragam Penawaran untuk Libur Tahun Baru

"Terdapat pogram referral code dari teman, di mana konsumen dapat menikmati potongan diskon 5 persen, maksimal Rp250 ribu, untuk pemesanan hotel domestik," kata Sandra menyebut salah satu penawaran tiket.com pada periode libur tahun baru 2021.

Hadiah berupa Tiket Point senilai Rp150 ribu akan diberikan jika teman atau keluarga menggunakan kode promo yang dibuat konsumen. Jumlah maksimal pengguna kode promo adalah delapan orang.

Terdapat juga promo yang berlaku pada 25 Desember 2020--2 Januari 2021, yakni diskon pemesanan kamar hotel hingga 50 persen, kemudian ada tambahan diskon sampai Rp1, 3 juta.

"Kami punya penawaran Rp1,6 juta nett, sudah termasuk makan malam dan sarapan. Malam tahun baru juga ada dinner untuk tamu, berlaku untuk dua orang. Anak di atas 12 tahun akan dikenakan setengah harga," Juwita menjelaskan promo di hotel berlokasi di jantung kawasan Braga, Bandung tersebut.

4 dari 5 halaman

Staycation dengan Aman

Menerapkan protokol kesehatan jadi komponen tak bisa ditawar dalam praktik staycation. Pihak hotel sendiri telah mempersipkan ragam penyesuaian. Novotel dan Ibis Style Mangga Dua telah menerapkan program Accor All Safe yang menjamin kebersihan properti.

"Penggunaan fasilitas umum juga tetap kami jaga. Misal, membatasi kapasitas di kolam renang. Juga, di beberapa area umum, seperti restoran atau lounge, tempat duduk di sana diatur berjarak supaya tidak berkerumun," Ria menjelaskan.

Sementara, de Braga by ARTOTEL telah lulus sertifikasi CHSE Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. "Mulai dari pemeriksaan suhu, menyediakan hand sanitizer di banyak titik, area hotel juga didisinfektan setiap 15 menit," kata Juwita.

Pihaknya juga bekerja sama dengan Halodoc untuk memfasilitasi tamu berkonsultasi bila merasa kurang enak badan. "Ada booth atau bisa menggunakan voucer yang sudah diberikan saat check-in untuk berkonsultasi secara online," imbuhnya.

Demi memberi rasa aman dan nyaman, tiket.com pun menghadirkan fitur tiket CLEAN, di mana pelanggan dapat memilih partner hotel yang telah mendapat sertifikasi tersebut. "Kami juga menghimbau masyarakat untuk selalu update dengan kebijakan-kebijakan baru yang dikeluarkan pemerintah terkait perjalanan dan liburan guna menekan penyebaran virus corona baru," tandasnya.

5 dari 5 halaman

Infografis 8 Tips Liburan Akhir Tahun Minim Risiko Penularan COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.