Sukses

7 Trik Makan Malam yang Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Banyak cara dilakukan orang agar turun berat badannya. Salah satunya menyiasati makan malam. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Liputan6.com, Jakarta - Secara umum, pagi hari lebih mudah untuk mengendalikan keinginan Anda untuk makan yang lebih sehat. Namun, tak sedikit orang untuk menyantap makanan yang menenangkan dan makanan manis.

Kebanyakan orang makan berlebihan atau menikmati makanan yang tidak sehat saat makan malam, yang menghambat rencana penurunan berat badan. Untuk tetap berada di jalur yang tepat, ada beberapa tips makan malam sederhana.

Melansir dari laman Times of India, Jumat (11/12/20), berikut beberapa trik membuat makan malam agar tetap sehat dan menjaga berat badan. Apa saja trik tersebut?

Gunakan Piring Makan Lebih Kecil

Untuk menurunkan berat badan secara efektif dan dalam jangka waktu tertentu, penting untuk makan kalori dalam jumlah terbatas. Piring besar berarti lebih banyak makanan dan lebih banyak asupan kalori. Jadi, agar tidak makan berlebihan, selalu pilih piring ukuran kecil dan isi dengan makanan sehat dan bergizi.

Hati-Hati dengan Minyak

Kesalahan umum yang dilakukan banyak orang saat memasak adalah mengabaikan kandungan kalori pada minyak goreng. Jika Anda dengan murah hati menuangkan minyak ke dalam penggorengan, itu akan berbahaya bagi rencana penurunan berat badan Anda. Meskipun Anda menggunakan lemak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau ghee, jumlah lemak dalam makan malam Anda harus minimal.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makan Camilan Malam

Alasan lain makan berlebihan di malam hari adalah jarak waktu antara makan malam dan makan siang. Istirahat panjang membuat Anda lapar dan Anda tidak bisa mengendalikan diri dari makan berlebihan. Untuk mengatasi masalah ini, makanlah camilan di siang hari. Ini akan membuat Anda kenyang sampai waktu makan malam.

3 dari 6 halaman

Minum Air Sebelum Makan

Cairan tidak hanya membuat kita terhidrasi tetapi juga menciptakan sensasi kenyang dan membantu kita makan lebih sedikit. Ini memudahkan otak kita untuk mengenali rasa kenyang dan kita berhenti makan. Jadi, minumlah satu gelas besar air 30 menit sebelum waktu makan Anda.

 

4 dari 6 halaman

Makan Kentang

Studi menunjukkan bahwa kentang memiliki tingkat rasa kenyang tertinggi dibandingkan dengan karbohidrat lain. Itu bisa membuat Anda merasa tiga kali lebih kenyang dari sepotong roti putih. Ada kesalahpahaman bahwa kentang menggemukkan. Sebaliknya, mereka kaya serat dan karbohidrat berkualitas baik. Anda hanya perlu mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

5 dari 6 halaman

Makan di Meja Makan

Gangguan pada waktu makan dapat membuat Anda kehilangan jejak rasa lapar dan Anda akan makan berlebihan. Itu sebabnya disarankan untuk tidak makan di depan televisi. Mempraktikkan pola makan dengan sadar dapat membantu mengelola asupan kalori dan menurunkan berat badan lebih cepat.

Makan Malam Lebih Awal

Tidur segera setelah makan malam dapat menghambat kemajuan penurunan berat badan Anda. Yang terbaik adalah makan malam dua  jam sebelum tidur dan jika moto Anda adalah mengurangi berat badan, makanlah sebelum jam tujuh malam.

6 dari 6 halaman

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.