Sukses

5 Makanan yang Bisa Bantu Melawan Flu dan Batuk

Beberapa makanan ini memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiperadangan yang membantu melawan penyakit musiman, seperti flu dan batuk.

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan boleh saja membawa kelegaan tersendiri bagi banyak orang karena terbebas dari terik matahari membakar. Namun, periode ini juga acap kali menimbulkan beberapa masalah kesehatan musiman, seperti flu, batuk, dan demam.

Meski ada banyak obat untuk mengatasi hal tersebut, makanan juga memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, protein, dan serat. Makanan-makanan tersebut berguna meningkatkan kekebalan tubuh.

"Beberapa makanan juga memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiperadangan yang membantu kita melawan penyakit musiman," kata ahli pengobatan Dr Archana Batra.

Melansir dari Indian Express, Kamis, 3 Desember 2020, Dr Batra menyarankan beberapa makanan yang bisa membantu Anda melawan flu. Berikut ulasannya.

Jahe

Sebagai anti-inflamasi alami, jahe juga dikenal dengan sifat antimikroba dan antikanker. Jahe juga kaya akan antioksidan, ini membantu melawan mual, yang umum terjadi jika seseorang terserang flu.

"Tambahkan saja jahe mentah ke dalam sup panas Anda atau seduh dengan teh. Untuk menghindari infeksi virus, Anda dapat merebus jahe dengan rempah lain dan meminumnya setelah didinginkan," saran Dr Batra.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Madu

Madu selalu digunakan sebagai antibakteri karena mengandung senyawa antimikroba di dalamnya. Ini juga memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan dan menghidrasi tubuh.

"Sifat antibakteri di dalamnya membantu menekan batuk dan meredakan sakit tenggorokan. Anda dapat memulai hari dengan segelas air hangat dengan madu dan lemon, atau dapat menambahkan madu ke dalam teh dan susu," kata ahli diet tersebut.

3 dari 6 halaman

Bawang Putih

Diperkaya khasiat antivirus, antijamur, dan antibakteri, bawang putih membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan terbukti secara medis mengurangi kemungkinan masuk angin.

Bahkan, suplemen dengan ekstrak bawang putih juga membantu mengurangi keparahan pilek dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

"Jika Anda menderita batuk dan pilek yang parah, Anda dapat mengonsumsi bawang putih mentah setiap pagi dalam sup atau kaldu Anda. Ini akan meredakan sakit tenggorokan dan kehangatan untuk tubuh," kata Dr Batra.

4 dari 6 halaman

Pisang

Kata Dr. Batra, pisang mengandung serat yang membantu meningkatkan kualitas pencernaan. Pisang juga menyediakan semua nutrisi dan kalori untuk melawan flu. Orang salah paham bahwa pisang memperburuk tubuh karena membuatnya jadi dingin.

5 dari 6 halaman

Gandum

Gandum lebih dari sekadar pilihan sarapan. Serat yang sangat larut ini membantu meningkatkan kesehatan jantung, dan seng di dalamnya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Gandum menyediakan serat penting dan membantu mengurangi peradangan dalam usus yang menyebabkan kembung, kram, dan diare.

6 dari 6 halaman

Khasiat Madu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.