Sukses

Sarapan dengan Gizi Seimbang Buat Anak Sehat dan Semangat

Liputan6.com, Jakarta - Sarapan dengan gizi seimbang sangat penting bagi anak karena dapat mendukungnya bersemangat dan siap belajar dari rumah. Sementara, anak yang tak sarapan akan mudah kehabisan tenaga hingga mengganggu pola makan dan semangatnya.

"Kalau sudah diawali dengan baik, maka saat makan siang akan lebih mudah mengajak anak makan sesuai dengan kebutuhan dia," ujar ahli gizi Rita Ramayulis dalam peluncuran virtual Kokokrunch Nutrismarta, Kamis, 19 November 2020.

Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), kata Rita, pilihan nutrisi yang tepat untuk sarapan harus mengandung karbohidrat yang baik yang membuat glukosa darah naik secara bertahap dan bertahan lama. Selain itu, sarapan harus mengandung vitamin B kompleks yang menghasilkan energi bagi anak.

"Harus mengandung asam folat, zat besi, untuk mentransfer, tidak hanya zat gizi, tapi juga oksigen ke otak. Dengan begitu otak bisa berpikir dengan baik. Zat gizi ini harus tersedia pada sarapan anak. Jika itu tidak ada, maka sarapannya tidak lengkap," sambung Rita.

Rita menjelaskan sarapan dengan gandum utuh merupakan salah satu opsi yang baik. Menurut dia, tiga takar saji sarapan gandum utuh yang diberikan kepada anak, sudah bisa menjamin kebutuhan karbohidrat, serat, dan beberapa vitamin untuk membantu proses belajar.

 

 

Donna Agnesia juga membagikan pengalamannya tentang sarapan saat bekerja dari rumah (work from home) akibat pandemi corona covid-19. Istri Darius Sinathrya itu harus menemani ketiga anaknya Lionel Nathan Sinathrya Kartoprawiro, Diego Andres Sinathrya, dan Quinesha Sabrina Sinatriya menjalani PJJ, jika tak ada aktivitas di luar rumah.

"Saya juga selalu menemani anak-anak setiap hari, sarapan yang memenuhi gizi seimbang anak... Saya selalu membiasakan anak untuk sarapan setiap hari," kata Donna.

 

2 dari 3 halaman

Gizi Seimbang

Sementara, Nestle meluncurkan Kokokrunch Nutrismarta yang mengandung gandum utuh, vitamin B, dan zat besi. Kandungan tersebut membantu memenuhi kebutuhan gizi seimbang anak-anak.

Gandum utuh terdiri dari kulit luar, endosperma, dan inti. Ketiga bagian gandum itu memiliki fungsi yang berbeda-beda karenaa mengandung vitamin, karbohidrat, dan protein. 

"Jadi, ini yang membedakan antara gandum utuh dengan gandum yang lainnya. Semua bagian itu jadi bahan untuk membuat Kokokrunch Nutrismarta. Kehadiran Kokokrunch Nutrismarta ini dapat membantu anaknya siap sekolah," ujar Brand Manager Nestlé Breakfast Cereals Kids, Liena Desbi.

Untuk mengajak anak-anak Indonesia menjalankan gaya hidup sehat dan aktif, Nestle juga meluncurkan Koko Dance. "Gerakan dance yang dipandu Koko Koala bisa dilakukan di sela-sela waktu istirahat agar anak-anak tetap gembira dan semangat menjalani kegiatan belajar,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: