Sukses

Melihat Keindahan Masjid Terbesar Yang Ada di Pakistan

Namanya adalah, Masjid Faisal yang didirikan tahun 1987 di Islamabad, Pakistan.

Liputan6.com, Jakarta Menelusuri peradaban dan menikmati keindahan Islam ternyata bisa dilakukan melalui eksplorasi bangunan sucinya yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Salah satunya adalah bangunan Masjid yang ada di Pakistan ini. Namanya adalah, Masjid Faisal yang didirikan tahun 1987 di Islamabad, Pakistan. Masjid ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para Ummat Islam yang sedang plesiran ke negera yang berbatasan langsung dengan india ini.

Pembangunan Masjid Faisal sendiri dimulai tahun 1976 yang menghabiskan biaya sebesar $120 dari bantuan Raja Faisal dari Arab Saudi. Dan kini namanya disandang untuk masjid tersebut. Desainnya dirancang oleh arsitek Turki Vedat Dalokay hasil sayembara internasional. Tanpa ciri khas kubah, masjid ini mengadopsi bentuk tenda tradisional Gurun Biduin dan dikelilingi oleh empat menara setinggi 79 meter. 

Ruang sholatnya berupa bangunan berbentuk empat sisi atap segitiga yang dapat menampung 100.000 jemaah, sementara jika dihitung hingga area halaman dapat menampung hingga 200.000 lebih.

Selain tercatat sebagai masjid terbesar di Pakistan, Masjid Faisal pernah menjadi masjid terbesar di dunia dari 1986 hingga 1993. Saat ini, Masjid Faisal merupakan masjid dengan kapasitas jamaah keempat terbesar di dunia seperti dilansir dari kanal Tawaf TV. 

Nah, buat yang ingin melihat secara detail bagaimana bentuk Masjid Faisal ini, simak videonya di bawah ini atau kunjungi kanal Tawaf TV yang ada di platform streaming Vidio. 

Saksikan video pilihan berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.