Sukses

Dengan Susu Kental Manis Frisian Flag, Ini Sarapan Sehat Layak Dicoba

Bukan cuma cemilan, susu kental manis Frisian Flag bisa juga ciptakan berbagai menu sehat kaya rasa dan nutrisi untuk sarapan.

Liputan6.com, Jakarta Sarapan menjadi hal penting yang dilakukan saat pagi hari karena memiliki banyak manfaat. Hal tersebut ditegaskan oleh pakar gizi yang juga Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Hardinsyah.

Susu kental manis hadir dalam berbagai jenis kemasan dan ukuran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, lihat di sini.

"Sepertiga kebutuhan energi harus disuplai dari sarapan. Sisanya dibagi di asupan makan siang dan malam," kata Hardinsyah.

 

Baca juga:

 

Nah, untuk mengetahui manfaat sarapan, sejumlah peneliti pun merancang studi yang diterbitkan BBC berjudul Is breakfast really the most important meal of the day?

Hasil studi, kata Frederik Karpe yang merupakan profesor kedokteran metabolisme di Pusat Diabetes, Endokrinologi, dan Metabolisme Oxford mengatakan bahwa sarapan adalah kunci untuk memulai metabolisme.

"Agar jaringan lain merespons asupan makanan dengan baik, Anda memerlukan pemicu awal yang melibatkan karbohidrat merespons insulin. Sarapan sangat penting untuk hal ini terjadi," ujar Frederik.

 

Baca juga:

 

Hal senada juga disampaikan Spesialis Gizi, dr. Diana F Suganda. Menurutnya sarapan penting dilakukan untuk mengganti kebutuhan tubuh, setelah tidur semalaman dan perut kosong. Selain itu, kebiasaan sarapan akan mencegah kita mengalami "kalap" saat makan siang.

"Kalau dari pagi perut kosong, saat makan siang kita bisa kalap dan ingin memesan semua makanan. Tapi dengan rutin sarapan, hal itu bisa dihindari sehingga kita bisa menjaga berat badan," ujar Diana.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

Dokter spesialis gizi lainnya, dr Patricia F. C. Halim Puteri, Sp.GK mengatakan bahwa berpegang pada pedoman WHO dan Kemenkes kita menganjurkan sarapan untuk makanan di pagi hari.

"Dalam konteks untuk orang umum yang tidak sedang diet. Sarapan penting karena itu merupakan cadangan energi kita untuk aktivitas harian sebelum makan siang, ketika kita pergi ke sekolah, bekerja dan lainnya. Dengan sarapan kita bisa jadi lebih konsen atau fokus, kedua untuk untuk kontrol gula darah dan yang ketiga untuk menjaga berat badan ideal," ujar dr. Patricia.

Manfaat Susu Kental Manis

Nah yang harus kamu ketahui, manfaat susu kental manis sangat populer di kalangan praktisi kuliner. Jika diolah dengan baik, manfaat susu kental manis tidak terbatas pada camilan tetapi juga untuk membuat berbagai makanan sehat kaya nutrisi.

Sementara kalori yang terkandung dalam satu sachet susu kental manis Frisian Flag varian Gold hanya sekitar 130-140 kcal. Artinya hanya 6% dari kebutuhan kalori yang dianjurkan sehari-hari yatu 2150 kcal.

Dalam kuliner susu kental manis dapat mengurangi waktu memasak tanpa mengubah rasa atau tekstur dari penganan dan dijadikan bahan serbaguna, seperti beberapa menu berikut ini:

Resep Variasi Sarapan Pakai Susu Kental Manis

Ada 4 resep praktis menggunakan susu kental manis untuk membuat berbagai sarapan kaya gizi kekinian yang bisa Anda coba sendiri di rumah, yaitu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mini Pancake

Salah satu makanan yang sedang mengalami kenaikan tren adalah pancake. Hanya saja ukurannya dibuat kecil-kecil agar dapat diletakkan di dalam mangkuk dalam jumlah banyak, layaknya sereal.

Menu sarapan ini sedang viral di berbagai media sosial, terlebih TikTok. Untuk membuatnya, berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan:

  • Telur 2 butir
  • Mentega cair 40gr
  • Garam ½ sdt
  • Baking powder 1 sdt
  • Baking soda 1 sdt
  • Krim keju 50gr
  • Susu kental manis Frisian Flag/ susu kental manis Bendera 60ml
  • Tepung terigu 150 gr
  • Air 200 ml

Cara membuat

  • Siapkan mangkuk besar, masukkan telur, mentega cair, garam, baking powder, baking soda, krim keju dan masukkan susu kental manis Frisian Flag lalu aduk merata
  • Setelah semua bahan rata, tambahkan tepung terigu sambil diaduk lalu masukkan air dan aduk Kembali
  • Agar mini pancake berbentuk bulat bagus, Anda bisa menggunakan botol untuk menuangkan adonan tersebut
  • Pastikan juga ada jarak antara mini pancake satu dengan yang lainnya agar tidak menempel dan bentuknya bagus. Siapkan wajan panas dan masukkan adonan ke wajan sedikit-sedikit
  • Setelah matang Anda bisa hidangkan dengan susu kental manis Frisian Flag/susu kental manis Bendera sebagai topping

2. Oatmeal

Oat dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Agar tidak bosan karena rasa oat yang hambar, namun kamu tetap bisa menjadikan bahan ini untuk menjadi sarapan lezat dan bergizi.

Dalam resep ini, susu kental manis  Frisian Flag yang juga dikenal sebagai susu kental manis Bendera menggantikan gula dan menambah tekstur pada bubur oat.

Salah satu keuntungan menggunakan susu kental manis Frisian Flag/susu kental manis Bendera adalah variannya yang bervariasi. Selain menggunakan variasi Gold, Anda juga bisa menggunakan variasi cokelat, cocopandan dan juga jahe.

Cara membuatnya:

Pertama harus memanaskan panci dengan api kecil, masukkan susu, air 100 ml, oats 40 gr, 2 buah, garam sesuai selera lalu aduk secara merata.

Siapkan adonan ke dalam mangkuk, tambahkan pisang 1 buah yang sudah dipotong-potong sesuai selera, taburkan biskuit cokelat 3 keping, lalu tuangkan sedikit susu kental manis Frisian Flag/susu kental manis bendera dan oatmeal ini siap untuk dihidangkan sebagai sarapan keluarga.

3. Salad Buah

Buah memiliki kandungan gizi yang banyak diperlukan tubuh dan bisa dijadikan sebagai pelengkap sarapan. Untuk membuat salad buah untuk sarapan, caranya gampang banget.

Masukkan whipping cream 120 ml ke dalam mangkuk, krim keju 50 gr, susu kental manis Frisian Flag 50 ml lalu aduk sampai merata. Masukkan air lemon 1 sdm ke dalam adonan lalu aduk.

Setelah whipping cream siap, siapkan buah-buah pilihan Anda. Masukkan apel 100 gr ke dalam mangkuk besar, anggur hijau 100 gr, anggur hitam 80 gr, jeruk 80 gr, strawberry 80 gr, pisang 1 buah lalu tuang whipping cream tadi dan aduk secara merata dan salad buah siap untuk dihidangkan.

4. Susu Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki kandungan protein yang tinggi yang membuatnya cocok dijadikan sebagai salah satu menu sarapan keluarga. Susu kacang hijau juga sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan sederhana.

Namun kamu hanya perlu erebus kacang hijau sampai kacangnya mengembang. Setelah itu, saring airnya dan rebus sebentar kembali airnya. Diamkan sejenak dan tambahkan susu kental manis Frisian Flag sebagai penambah rasa.

3 dari 4 halaman

Resep Nikmati Layak Dicoba Lainnya

Energy Bar

Jika kamu tidak biasa sarapan pagi, coba manfaatkan susu kental manis yang praktis dan kacang-kacangan yang kaya serat. Ya, susu kental manis yang dipadukan dengan kacang-kacangan dapat mencukupi kebutuhan energi di pagi hari.

Manfaat susu kental manis di antaranya adalah protein, lemak, vitamin dan mineral yang cocok untuk dijadikan makanan pembuka di pagi hari. Anda bisa mencoba resep dari chef asal Inggris Nigella Lawson yang mudah ini.

Bahan

  • Satu kaleng susu kental manis Frisian Flag/susu kental manis Bendera
  • Setengah gelas margarin yang sudah dilelehkan
  • 3 1/2 gelas gandum yang digiling (bukan gandum instan)
  • Satu gelas kelapa parut
  • Satu gelas cranberry kering
  • Satu gelas biji campuran (labu, bunga matahari, wijen)
  • Satu gelas kacang tanah

Cara membuat

  • Campurkan susu kental manis Frisian Flag/susu kental manis Bendera dan semua bahan hingga tercampur sempurna
  • Panggang di oven 130 derajat
  • Tunggu hingga 30 menit dan keluarkan dari oven
  • Diamkan dan energy bar Anda siap disajikan
4 dari 4 halaman

Kopi Dalgona Vietnam

Kopi dalgona menjadi salah satu tren di dunia perkopian. Kopi viral tersebut terbuat dari bahan-bahan yang sederhana, yaitu kopi, gula dan air yang diaduk hingga teksturnya berubah menjadi foam yang creamy. Baru kemudian foam kopi tersebut dicampurkan ke atas susu.

Nah bagi kamu yang sibuk, meminum susu di pagi hari merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Supaya tidak bosan, kamu bisa menambahkan dalgona cream ini di atas segelas susu yang Anda minum.

Resep dalgona coffee disarankan untuk menggunakan gula pasir. Namun, kamu bisa menggunakan susu kental manis Bendera yang sebenarnya mempunyai merek dagang susu kental manis Frisian Flag sebagai pengganti gula biasa. Berikut bahan dan cara membuatnya:

Bahan:

  • 2 sendok makan kopi instan
  • 1 sendok makan susu kental manis Frisian Flag/susu kental manis Bendera
  • 2 sendok makan air panas
  • 250 ml susu cair Frisian Flag

Cara membuat:

Masukkan kopi instan ke dalam mangkuk. Tambahkan dua sendok makan air panas, dan campur sampai kopi benar-benar larut. Masukkan susu kental manis Frisian Flag/susu kental manis Bendera. Kemudian aduk menggunakan alat pengaduk atau pengocok hingga teksturnya menjadi kental dan berbusa. Tuangkan kopi kocok tersebut ke atas susu, dan dalgona coffee pun siap diminum. Jika kamu mau mencoba modifikasi lain dari dalgona klik di sini.

 

Baca juga:

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini