Sukses

Kolaborasi Rasa Khong Guan dan Minuman Boba Khas Taiwan

Liputan6.com, Jakarta - Dua brand legendaris dari dua negara berkolaborasi dalam sebuah minuman. Signature Malkist, nama varian tersebut, merupakan wujud perdana hasil perkawinan rasa antara malkist orisinal produksi Khong Guan dan boba gula aren Xi Fu Tang asal Taiwan. 

Diluncurkan pada Selasa, 25 Agustus 2020, menu tersebut berangkat dari pengalaman masa kecil Vancelia Wiradjaja, Managing Director PT Pelepas Dahaga Indonesia selaku pemegang master frachisee Xing Fu Tang Indonesia. Ia mengaku kerap disodorkan malkist yang dicelupkan ke dalam susu oleh sang nenek semasa kecil.

"Sepertinya enak juga buat minuman seperti itu. Dicobain ke beberapa varian (kue), malkist Khong Guan yang paling cocok," katanya dalam jumpa pers virtual, Selasa, 25 Agustus 2020.

Proses pengembangan produk memerlukan waktu hingga tiga bulan. Bahan dasar boba untuk varian tersebut tetap sama, yakni tapioka dan gula aren.

Selanjutnya, ditambahkan susu compound yang diracik khusus karena memasukkan malkist. Di bagian atasnya kembali ditaburi remahan malkist orisinal bercita rasa manis dan menambah tekstur ketika diseruput.

"Rasanya tidak akan terlalu manis, sesuai cita rasa kita sejak awal, tetapi tetap nikmat," ujar Vancelia.

Untuk menikmatinya, konsumen disarankan mengaduknya hingga delapan kali sebelum diminum. Cara itu akan mengeluarkan rasa malkist Khong Guan lebih maksimal. "Harganya Rp40 ribu," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Tak Berhenti di Minuman

Xi Fu Tang sengaja menggandeng Khong Guan dalam proyek kolaborasi tersebut lantaran memiliki kesamaan latar belakang. Menurut Vancelia, Xi Fu Tang yang berusia 60 tahun dan Khong Guan yang berusia 50 tahun jadi bukti kedua brand telah melekat di benak konsumen.

"Dengan resep tradisi yang telah Xing Fu Tang bawa sejak 60 tahun dan tradisi 50 tahun Khong Guan, kolaborasi ini akan memberi sentuhan unik bagi konsumen," katanya.

Supriatman Lesmana, Marketing Manager PT. Khong Guan Biscuits Indonesia menyebut kolaborasi tersebut merupakan upaya strategis antara Khong Guan dan Xing Fu Tang untuk tidak hanya melebarkan pangsa pasar, tetapi juga menghadirkan inovasi yang berpeluang diterima konsumen masing-masing.

"Produk biskuit Khong Guan Malkist Crackerss telah lama jadi kudapan kegemaran masyarakat Indonesia dan hingga kini jadi salah satu produk unggulan di kategori biskuit crackers," ujarnya.

Mengingat dalam sekaleng Khong Guan terdiri dari beragam macam biskuit, kolaborasi rasa pun dipastikan akan berlanjut dengan menciptakan menu-menu baru. Hanya saja, Signature Malkist tetap dipertahankan setidaknya hingga setahun ke depan.

Selain itu, Xing Fu Tang Indonesia akan meluncurkan beberapa merchandise khusus, mulai dari sticker Xing Fu Tang x KG, limited edition t-shirt, dan instalasi photo booth di sejumlah gerai terpilih Xing Fu Tang Indonesia. Hal tersebut sebagai bagian dari strategi promosi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: