Sukses

Rayakan Ultah ke-9, IKAT Indonesia Rilis Kelengkapan New Normal

Liputan6.com, Jakarta - IKAT Indonesia merayakan hari jadi ke-9 pada hari ini, Rabu (29/7/2020). Proses mencipta deretan kreasi yang bersumber dari wastra Nusantara tersebut bermula pada 2011 lalu dan selama itu pula, merek lokal ini turut berkarya bersama para perajin Indonesia.

Kilas balik perjalanan sang pendiri, Didiet Maulana bersama Helen Wahyudi dan tim dimulai dari peluncuran tepat sembilan tahun lalu. Didiet berkisah, awalnya, IKAT Indonesia hanya menyuguhkan womenswear, namun kemudian di tahun-tahun berikutnya tak henti mengeksplorasi.

"Kemudian di 2012 ada menswear, waktu itu dibantu Nicholas Saputra sebagai muse. Lalu 2013, barulah kita dipercaya berbagai international event seperti dengan APEC dan bekerja sama dengan Barbie," kata Didiet Maulana, creative director IKAT Indonesia, dalam konferensi pers daring, Rabu (29/7/2020).

Didiet melanjutkan, tantangan yang kala itu dihadapi tak lain adalah membuat demand. Hal pertama yang ia dan tim lakukan adalah mengedukasi agar busana dengan sentuhan wastra Indonesia menjadi sebuah inspirasi tampilan.

Upaya yang dilancarkan lainnya adalah bekerja sama dengan para artis dan seniman. IKAT Indonesia sendiri, dikatakan Didiet, memiliki misi tidak hanya ingin maju sendiri, tetapi bersama-sama. Spirit itu tak lama menjadi nyata.

"Hal itu terjadi ketika mulai dipercaya, aku merancang desain untuk tas TUMI yang kemudian dijadikan merchandise di Grammy Awards 2016. Kita mulai merancang untuk Miss Universe dan Puteri Indonesia," tambahnya.

 

Berlanjut di 2018 merancang enam gaun finalis Puteri Indonesia , merilis koleksi eksklusif dengan Walt Disney Company, hingga mendapat kehormatan dari The Kingdom of Pahang Diraja Malaysia untuk mengelar peragaan busana Svarna by IKAT Indonesia di Kuala Lumpur.

Baru di 2019 berkolaborasi dengan Garuda Indonesia dalam merancang seragam Thematic Flights awak kabin dengan tema Puspa Nusantara. Merek lokal ini juga dipercaya merancang seragam staf salah satu bank lewat Sarupa by IKAT Indonesia.

Di momen tambah usia ini, IKAT Indonesia juga meluncurkan koleksi New Normal Essentials. Set ini berisi kelengkapan menghadapi new normal seperti pouch, masker dan konektor, sabun tangan dan antiseptik serbaguna.

"Produk ini akan memberi sebuah rangkuman perjalanan 9 tahun berkarya dan juga akan kita sebarkan semakin banyak yang support karya para perajin, kami kerja sama dengan beberapa sentra tenun di Indonesia," tambah Didiet.

Perpaduan kain tenun ikat dan lurik digunakan sebagai bahan utama dalam merepresentasikan kekayaan budaya Tanah Air untuk kelengkapan ini. Sebut saja pouch dari IKAT Indonesia ini dibuat dengan lapisan anti-air transparan guna menjaga dari debu, kuman, ataupun virus dari kain pada pouch.

 
2 dari 3 halaman

Tersedia 4 Desain

IKAT Indonesia menghadirkan empat desain untuk New Normal Essentials yakni Sadira, Nida, Kayana, dan Daliya. Untuk Sadira pouch adanya kombinasi tenun dan lurik berpotongan horizontal dengan nuansa ungu, pink, dan magenta.

"Maskernya berkombinasi lurik yang dibuat chevron dan juga tenun. Kenapa bentuknya chevron atau diagonal karena ingin membuat efek kontur wajah juga bisa dibilang bisa membuat muka tirus," kata Barbara, tim desain IKAT Indonesia.

Sementara, untuk Nida pouch yang berpotongan diagonal berkombinasi tenun dan lurik beige. Desain ini meng-highlight warna cerah yang tenang untuk membawa nuansa segar pada penampilan.

"Lanjut ke Kayana set, ini pouch monokrom yang bisa untuk unisex, ini memberikan look yang lebih klasik. Terakhir Daliya set, bermotif kontras, ada perpaduan antara motif tenun ikat yang putih, abu-abu, hitam, dan garis hitam putih," tambahnya.

Selain itu, kelengkapan lain yakni sabun tangan dan antiseptik serbaguna untuk menjaga kebersihan tangan. Kayu cendana, salah satu minyak atsiri premium dan sebagai kekayaan alam Indonesia menjadi bahan utama pada sabun dan antiseptik.

Tak hanya dapat membunuh kuman, keharuman cendana turut membawa kesegaran. Terdapat pula kandungan aloe vera pada antiseptik untuk menjaga kelembapan dan kehalusan tangam. Setiap set dari New Normal Essentials ini dijual seharga Rp359 ribu yang tersedia di laman resmi IKAT Indonesia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: