Sukses

Ingin Traveling di Era New Normal? Begini Protokol dan Tata Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Selama empat bulan lebih, kita diwajibkan untuk tetap berada di rumah karena adanya pandemi corona. Hal tersebut membuat sejumlah orang merasa jenuh dan butuh liburan untuk menyegarkan pikiran.

Memasuki era new normal atau normal baru, sejumlah sektor pariwisata sudah dibuka kembali demi menggerakan roda ekonomi. Kendati memungkinkan untuk berekreasi, kita juga harus tetap menjaga diri.

Seorang konten kreator sekaligus fotografer bernama Yulianus Ladung berbagi tips serta imbauan mengenai aturan berpelesir di masa transisi normal baru. Dalam video di kanal miliknya yang ada di Vidio, dia membagi dua kategori aturan traveling. Pertama, tentang protokol berwisata domestik dan yang kedua adalah tata cara saat berpelesir ke luar negeri.

Yulianus Ladung tidak membagi penjelasan protokol kesehatan saat traveling berdasarkan moda transportasi yang digunakan. Pada prinsipnya, aturan yang diterapkan pada masing-masing layanan pada umumnya sama.

Selain itu, bisa saja ketentuan tersebut mengalami perubahan terkait pandemi saat ini. Nah, untuk protokol bepergian domestik, sebenarnya banyak terdapat pada laman Kementerian Perhubungan.

Bagi yang ingin bepergian ke luar negeri, untuk memastikan soal aturan-aturan yang boleh dan dilarang, bisa mengecek pada situs IATA (International Air Transport Association). Untuk itu, bagi yang butuh referensi lengkap dari Yulianus Ladung soal traveling di masa transisi normal baru, bisa langsung cek videonya di bawah ini. Atau mengunjungi kanal pribadinya di aplikasi dan situs streaming Vidio.

2 dari 2 halaman

Saksikan videonya berikut ini