Sukses

Kawasan Wisata Puncak Tetap Buka di Tengah Wabah Corona

Belum ada pengumuman kalau beberapa kawasan wisata favorit di Puncak akan tutup sementara seperti di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta -  Pemprov DKI Jakarta sejak 13 Marer 2020 telah memutuskan untuk menutup sejumlah tempat wisata di Jakarta mulai Sabtu, 14 Maret 2020 hingga dua pekan ke depan. Lalu, bagaimana dengan beberapa kawasan wisata di Puncak, Bogor, Jawa Barat, yang juga menjadi favorit banyak orang terutama warga Jakarta?

Sampai berita ini ditulis, Minggu (15/3/202020) siang, belum ada berita maupun pengumuman adanya penutupan di kawasan wisata terkenal di daerah Puncak.

Misalnya Taman Safari Indonesia (TSI) di Cisarua yang termasuk tempat wisata favorit terutama di akhir pekan, tetap buka seperti biasa. Seperti dilihat di akun media sosial mereka, Instagram dan Twitter maupun laman resmi mereka, tidak ada pengumuman atau informasi kalau mereka akan tutup sementara seperti sejumlah tempat wisata di Jakarta.

Hanya saja, sejak isu virus corona merebak di Indonesia, pihak pengelola juga menyediakan hand sanitizer di tempat-tempat yang bisa dijangkau oleh pengunjung, misalnya di front office, hotel, loket masuk, area rekreasi, dan area baby zoo.

"Upaya pencegahan dengan menambah hand sanitizer untuk pengunjung yang tersebar di beberapa lokasi umum," kata Kepala Humas Taman Safari Indonesia Bogor Yulius Suprihardo pada tim News Liputan6.com, Jumat 13 Maret 2020.

Selain itu, pihak pengelola juga rutin memeriksa suhu tubuh seluruh karyawan di tiap pintu masuk untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sebelum Covid-19 merebak di China, pengelola Taman Safari Indonesia di Puncak, Bogor mengklaim sudah menjalankan prosedur sesuai standar kebun binatang dunia. Salah satunya menyediakan disinfektan di beberapa lokasi sebelum memasuki area exhibit.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

TWM Gelar Acara Musik

Meskipun virus corona merebak, Yulius mengklaim jumlah kunjungan wisatawan mancanegara maupun lokal yang datang ke TSI masih tetap stabil.

Selain TSI, kawasan wisata yang jadi favorit seperti Taman Wisata Matahari, Cimory Riverside, The Ranch Cisarua dan Agrowisata Gunung Mas, juga tetap buka seperti biasa.

Baik di akun media sosial maupun laman resmi mereka, tidak ada pengumuman atau informasi kalau mereka akan tutup sementara. Bahkan mereka tetap mempromosikan berbagai paket hiburan maupun program acara yang mereka adakan.

Salah satunya Taman Wisata Matahari (TWM) Dalam unggahan di akun Instagram resminya @twmparkofficial sejak beberapa hari lalu, mereka bahka mempromosikan acara musik bertajuk ‘T’Koes: Bernostalgia dalam Lantunan Lagu 70an’. Acara digelar di Lapangan Palem TWM Park pada 14-15 Maret 2020 pukul 13.00 WIB.

Unggahan tersebut terakhir dibagikan pada 14 Maret 2020 yang berarti bisa disimpulkan kalau acara tersebut tetap berlangsung dan tentunya TWM di kawasan Puncak tetap buka seperti biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.