Sukses

Komentari Nasi Lemak, Wartawan Inggris Jadi Bulan-bulanan Warganet Malaysia

Liputan6.com, Jakarta - Nasi lemak yang merupakan makanan nasional Malaysia selalu jadi primadona di Negeri Jiran tersebut. Bagi masyarakat yang tinggal di Malaysia, nasi lemak adalah makanan paling mantap untuk disantap saat sarapan pagi.

Namun, seorang wartawan asal Inggris, Katie Morley menganggapnya berbeda. Ia menyebut nasi lemak sebagai 'makanan buruk jahat'. Hal ini ia ungkapkan pada akun Twitter pribadinya @KatieMorley_, Rabu, 15 Januari 2020.

Katie yang sedang dalam penerbangan British Airways selama 13 jam mendapat menu makanan yang disebut "kari ayam dengan nasi". Namun, nyatanya nasi kari yang ada dalam bayangan Morley meleset jauh dengan yang ia terima dari maskapai penerbangan tersebut.

Saat membuka kotak makanannya, Morley menganggap itu sesuatu yang menjijikan. Dalam unggahan fotonya, Morley mengaku ia memuat foto dan tulisan itu demi kepentingan publik.

Morley juga mendeskripsikan nasi lemak dalam cuitannya dengan sebutan, "Kari ayam yang disajikan dengan telur rebus yang anemia, ditambah dengan ikan teri berlendir."

Hal ini sontak membuat warganet asal Malaysia tak terima, beberapa warganet mengkritik Morley karena ketidaktahuannya. Warganet juga menekankan bahwa itu adalah makanan warisan sejak zaman kolonialisme.

 

2 dari 3 halaman

Meminta Maaf

Mengikuti rentetan komentar dari netizen Malaysia, Morley memuat cuitan permintaan maaf pada hari berikutnya, Kamis, 16 Januari 2020.

Morley menjelaskan bahwa itu adalah pertama kalinya dia menemukan hidangan seperti itu dan dia sama sekali tidak bermaksud menghina hidangan nasional asal negri Jiran itu.

Sementara itu dalam kolom komentar, pengguna Twitter menyarankan Morley untuk mencoba hidangan asli di Malaysia dan merekomendasikan beberapa tempat kuliner yang bisa ia kunjungi.

Di samping itu, cuitan Morley yang mendapat banyak tanggapan ini ternyata menarik perhatian Darren Cronian, seorang YouTuber yang terkenal karena melakukan perjalanan 6.000 mil dari Athena, Yunani ke Malaysia Oktober lalu.

Darren mengaku ia ke Malaysia hanya untuk makan nasi lemak. Semua karena ia kebetulan melihat foto hidangan nasi lemak yang menggugah di Instagram. (Adhita Diansyavira)

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
INFOGRAFIS: Manuver Mahathir Mohamad
Artikel Selanjutnya
HEADLINE: Mundur-Maju PM Malaysia Mahathir Mohamad, Manuver Politik Semata?