Sukses

Momen Kulineran Menkeu Sri Mulyani, dari Warung Pecel Sampai Restoran di Jepang

Tak hanya serius mengurus keuangan, Menkeu Sri Mulyani Indrawati juga gemar kulineran di berbagai tempat.

Liputan6.com, Jakarta - Sri Mulyani Indrawati kembali terpilih sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) di kabinet kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang disebut sebagai Kabinet Indonesia Maju. Ini berarti untuk ketiga kalinya ia menjadi Menkeu.

Sri Mulyani pertama kali ditunjuk untuk menjadi menteri keuangan pada 2005 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selepas itu, Menkeu Terbaik se-Asia versi majalah Finance Asia itu menghabiskan waktunya menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Jabatan ini diembannya mulai 1 Juni 2010.

Lalu pada 2016, ia dipanggil kembali oleh Presiden Jokowi untuk menjadi Menkeu menggantikan Bambang Brodjonegoro. Tentunya tak hanya mengurus masalah keuangan, ia juga mempunyai beragam kegiatan termasuk menjalani hobi kulineran.

Hal itu bisa dilihat dari beragam unggahannya di media sosial. Perempuan kelahiran Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 itu cukup sering membagikan foto-foto aktivitasnya di akun Instagramnya. Bukan hanya urusan pekerjaan, ia juga beberapa kali memperliihatkan beragam momen kulineran yang beragam.

Yang menarik, perempuan kelahiran Lampung ini tak hanya makan di restoran bergengsi tapi cukup sering bersantap di warung makan atau bahkan kantin di kantornya. Dalam unggahan pada 3 April 2018, Sri Mulyani menuliskan menggelar rapat koordinasi di tempat sederhana. Bukan di kantor atau ruangan berpendingin udara yang nyaman, tapi di sebuah warung pecel.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Tradisional

Saat itu, ia menggelar rapat koordinasi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.  Rapat dadakan tersebut diadakan Depot Nasi Pecel 99 Madiun, Jawa Timur. Saat rapat, terlihat ada nasi pecel beralas daun pisang, teh dalam gelas, camilan, dan kerupuk.

Sri Mulyani sepertinya memang menggemar makanan tradisional Indonesia. Dalam unggahannya pada Februari 2019, ia mengunggah foto-foto dan video saat mampir sarapan di gudeg legendaris yaitu Gudeg Yu Djum Pusat di Jalan Selokan Mataram.

"Seusai makan, saya melihat dapur dan berbincang-bincang dengan para pegawai yang sedang menyiapkan makanan. Ada pegawai perempuan yang berusia sekitar 90 tahun dan masih aktif bekerja. Luar biasa," tulisnya dalam keterangan foto.

Gudeg Yu Djum didirikan Yu Djum alias Djuariah. Ia sudah berjualan gudeg selama 71 tahun sampai akhirnya wafat pada 2016. Gudegnya yang kering kecokelatan dan agak manis jadi ciri khas buatan Yu Djum.

Masih seputar makanan tradisional, Sri Mulyani sempat mampir ke Restoran Cengkir yang juga berada di Yogyakarta, tepatnya di Sleman.

Dalam ungahan pada Juli 2019 itu, Sri Mulyani bersama sang suami dan beberapa rekannya memesan menu telur dadar, oseng lompong, ayam bacem, bakwan jagung dan tempe lombok ijo.

3 dari 4 halaman

Kantin Kantor Kemenkeu

Selain di warung dan restoran, Sri Mulyani tak segan makan di kantin kantornya sendiri. Dalam unggahan pada 20 Maret 2019, ia menuliskan sedang makan siang di kantin Dhawa Kementerian Keuangan RI. Saat itu ia didampingi Wakil Menkeu dan beberapa pimpinan Kemenkeu lainnya.

Ia memilih menu rumahan sederhana untuk makan siangya.

"Saya makan siang bersama pegawai yang sedang makan di sana dengan menu nasi rames dan tempe mendoan," tulis perempuan 57 tahun ini. Selain makan siang, Sri Mulyani terlihat berdialog bersama pegawai dan penjual makanan kantin.

"Kepada para pegawai, saya menyarankan untuk memilih menu makanan yang sehat dan bergizi supaya dapat bekerja dengan optimal," kata Sri Mulyani.

Ia juga menyarankan agar para pegawai memilih menu makanan yang sehat dan bergizi supaya dapat bekerja dengan maksimal. Lalu juga bisa duduk bersama dengan pegawai dari unit berbeda sehingga bisa bertukar informasi dan bersinergi.

4 dari 4 halaman

Ramen Halal di Osaka

Saat tugas ke luar negeri, ibu tiga anak ini juga menyempatkan waktu mencicipi kuliner khas setempat. Salah satunya dalam unggahan pada 26 Juni 2019, Sri Mulyani Mengunggah foto sat di ke Osaka, Jepang untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Bersama rombongan, ia mampir makan di sebuah restoran ramen. "Sebelum menuju hotel, kami makan malam di restoran Naritaya @naritayaosaka, sebuah restoran yang menyediakan ramen halal," tulisnya dalam keterangan foto.

Selain ramen halal, Sri Mulyani juga mencicipi fried chicken, dumpling goreng, kroket kentang, dan calamary.

Saat bersantap di sana, istri dari Tony Sumartono itu juga senang karena bertemu dua orang Indonesia yang jadi pegawai di restoran tersebut. Sri Mulyani juga sempat berfoto bersama dua orang karyawan yang juga menjadi mahasiswa di Osaka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.