Sukses

Sederet Cara Bersihkan Sisik Ikan dengan Mudah

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya enak, kaya akan kandungan nutrisi juga jadi alasan lan untuk mengnsumsi ikan. Cara pengolahannya juga bisa sangat bergam, ditambah bahan makanan pelengkap yang kian menggugah selera.

Hanya saja, ketika memasak ikan, membersihan sisik hewan satu ini terbiang susah-susah-gampang. Tapi, Fimela.com merangkumkan sederet cara untuk membersihkan sisik ikan dengan mudah dan membuatnya tak sebegitu amis.

Rendam di Air Garam yang Dicampur Jeruk Nipis

Rendam ikan yang hendak dibersihkan ke dalam air garam yang diberi perasan jeruk nipis. Usahakan air untuk merendam ini adalah air hangat. Merendam ikan di air garam hangat dipercaya memudahkan Anda membersihkan sisik ikan. Cara ini juga bisa mengurangi bau amis.

Letakkan Ikan di Atas Telenan Kayu

Setelah ikan direndam di air hangat, tiriskan ikan dan letakkan di atas talenan kayu. Menempatkan ikan di atas talenan kayu akan memudahkan Anda membersihkan sisik ikan. Talenan kayu tidak mudah membuat ikan bergeser atau berubah posisi selama dibersihkan.

Perhatikan Posisi Pisau

Perhatikan posisi pisau untuk membersihkan sisik ikan. Posisi pisau yang baik adalah miring. Tangan kiri memegang perut ikan, kemudian tangan kanan memegang pisau untuk membersihkan sisik ikan. 

Cuci Ikan di Bawah Air Mengalir

Setelah sisiknya dibersihkan, cuci ikan di bawah air mengalir. Bersihkan juga isi dalam perut ikan. Agar bau amis ikan berkurang banyak, setelah dicuci bersih baluri ikan dengan air jeruk nipis,  kemudian cuci lagi. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: