Sukses

6 Jenis Sushi Populer yang Wajib Anda Tahu

Liputan6.com, Jakarta - Sushi merupakan makanan khas Jepang yang sangat populer di Indonesia. Bentuknya bermacam-macam dengan kaya citarasa.

Meski sudah ternama, tak semua orang tahu masing-masing nama sushi. Pasalnya, beda bentuk, beda pula penyebutannya. Liputan6.com merangkum enam jenis sushi paling populer yang wajib kamu tahu dilansir dari berbagai sumber, Senin, 1 Juli 2019.

1. Nigiri Sushi

Salah satu bentuk sushi yang paling sering dijumpai. Nigiri biasanya terdiri dari ikan segar atau makanan laut lainnya yang tersusun rapi diatas nasi yang sudah dibentuk seperti bola-bola kecil. Makanan laut tersebut bisa seperti salmon, tuna, cumi-cumi, belut, atau gurita.

Biasanya, ikan yang disajikan untuk nigiri masih dalam keadaan mentah, tapi tetap nikmat dengan bumbu cuka yang disajikan dengan wasabi. Nigiri memiliki ukuran yang cukup kecil dan memang sengaja disajikan untuk sekali gigit.

2. Chirashi Sushi

Di antara semua jenis sushi, Chirashi Sushi juga termasuk yang umum disajikan di rumah-rumah Jepang. Chirashi Sushi disajikan dengan potongan dari ikan mentah yang ditempatkan di atas semangkuk nasi atau kotak sushi kayu.

Kata Chirashi-zushi berarti "ikan tabur" yang berarti ikan bertamburan di atas mangkuk. Biasanya, Chirashi disajikan dalam porsi yang cukup besar. Setiap wilayah di Jepang menyajikan Chirashi Sushi dengan versi berbeda mulai dari bahan dan topping yang digunakan.

Chirashi Sushi sering dimasak untuk merayakan acara-acara khusus, seperti festival dan pesta. Itu juga biasa dimakan pada 3 Maret untuk merayakan festival tahunan yang disebut The Doll Festival (Hinamatsuri).

 

2 dari 4 halaman

3. Makizushi

Makizushi dikenal sebagai "norimaki" karena suhsi jenis ini dibuat dengan cara nasi dan bahan-bahannya digulung secara hati-hati dalam selembar rumput laut nori, yang kemudian dipotong-potong kecil.

Diyakini bahwa makizushi muncul pada awal 1700-an, segera setelah lembaran nori ditemukan dengan teknik serupa yang digunakan untuk pembuatan kertas. Nama norimaki terdiri dari dua kata Jepang: "Maki" yang berarti roll dan "nori" mengacu pada lembaran rumput laut nori panggang yang digunakan untuk membungkus bahan.

Maki zushi juga terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu homosaki dan futomaki. Sushi roll yang tebal dengan isi yang banyak disebut futomaki dan sushi roll yang tipis dengan isi yang sedikit disebut hosomaki. Sedangkan, sushi roll terkenal yang diciptakan di luar Jepang bernama California Roll.

Makizushi dapat dibuat sendiri di rumah ataupun untuk acara makan-makan. Hanya perlu menyiapkan bahan untuk membuatnya seperti tuna, mayones, mentimun, telur, labu (kanpyo) atau wortel. Tak lupa wijen untuk ditabur saat selesai digulung.

4. Temaki

Temaki atau sushi linting tangan. Seperti namanya, temaki dibuat dengan menambahkan lapisan nasi ke dalam nori (rumput laut) dan menambahkan sayuran, makanan laut atau pun telur ikan. Nori kemudian digulung dengan menggunakan tikar bambu dan dibentuk seukuran telapak tangan. Temaki bisa dimakan menggunakan shoyu ataupun wasabi, hal ini tergantung selera masing-masing

Temaki biasanya berbentuk kerucut menyerupai es krim. Temaki dapat dibuat dengan menggunakan lauk sesuai selera masing-masing, tidak harus ikan maupun sayuran. Sangat mudah membuat sushi jenis ini di rumah. Selain isian, di atas temaki biasanya berisi acar dan juga cumi.

3 dari 4 halaman

5.Uramaki

Uramaki adalah jenis sushi inovasi dari Amerika. Uramaki juga merupakan jenis lain dari sushi roll, dibuat sebaliknya dari temaki yaitu letak nori-nya berada di dalam dan nasilah yang berfungsi sebagai pembungkus luarnya. Sedangkan, neta dan sayurnya terletak di dalam gulungan.

Konon, sushi jenis ini dibuat untuk orang yang tidak menyukai nori (rumput laut). Beberapa uramaki bahkan tidak memiliki rumput laut. Isiannya tergantung pada selera masing-masing, tetapi yang umum dipakai adalah daging kepiting, tuna, mentimun, salmon, belut, telur atau beberapa kombinasi dari mereka. Ikan roe dan biji wijen sering digunakan untuk menghias sushi tersebut.

6. OshiSushi

Meskipun tidak begitu terkenal seperi bentuk sushi lainnya, oshisushi memiliki rasa yang sama lezatnya. OshiSushi dibuat dengan nasi, topping berbagai macam, dan irisan sashimi yang berair dalam cetakan kayu. Oshisushi kemudian ditekan dan menjadi bentuk kotak karena proses pembuatannya ini ditekan di dalam kotak kayu yang bernama oshibako.

Sebelum oshibako digunakan, biasanya direndam semalaman dalam campuran cuka beras dan air. Keesokan harinya baru dapat digunakan untuk membuat oshisushi setelah dikeringkan. OshiSushi ini berisi dengan ikan laut dan juga nasi biasanya selain kotak, sushi ini berbentuk persegi panjang. (Devita Nur Azizah)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: