Sukses

Lebaran Semakin Dekat, Waktunya Beli Online Tiket Kereta Tambahan

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Kita tak lagi punya waktu untuk terus menunda berburu tiket mudik. Terlebih lagi, untuk Anda yang berencana naik kereta. Suka tidak suka, kursi kereta mudik untuk rute-rute populer pasti sudah banyak yang penuh.

Menurut info resmi terbaru dari PT KAI, jumlah tiket kereta Lebaran untuk jarak jauh yang sudah terjual sejauh ini hampir mencapai 90 persen. Meski demikian, jangan langsung khawatir batal mudik bila Anda kehabisan tiket kereta reguler. Sebab, PT KAI setiap tahunnya pasti menyediakan sejumlah kereta tambahan, terutama untuk rute-rute populer.

Apa itu kereta tambahan Lebaran?

Kereta Tambahan Lebaran adalah sejumlah unit kereta di luar perjalanan reguler yang disediakan PT KAI khusus untuk mengakomodasi membludaknya jumlah penumpang saat arus mudik dan arus balik Lebaran. Setiap tahunnya, PT KAI selalu menyediakan sejumlah kereta tambahan Lebaran, terutama untuk rute-rute terpopuler seperti Jakarta – Surabaya, Jakarta – Bandung, Jakarta – Yogyakarta, Jakarta – Semarang, dan masih banyak lagi.

Tahun 2019 ini, PT KAI menyiapkan 50 unit kereta tambahan dengan jumlah kursi total mencapai 6,4 juta atau sekitar 247.000 kursi per hari.

Beli online tiket kereta tambahan

Tiket kereta tambahan Lebaran ini biasanya dijual sejak H-60 keberangkatan, yang artinya sudah dimulai sejak 6 April 2019. Demi memudahkan persiapan mudik yang sudah semakin mendesak ini, Anda lebih baik membeli tiket kereta tambahan secara online. Proses ini lebih praktis dan menghemat waktu serta tenaga karena Anda tidak perlu repot ke stasiun keberangkatan untuk membeli tiketnya.

Saat ini, tiket kereta tambahan bisa dibeli online melalui sejumlah jaringan agen perjalanan. Salah satu yang memberikan banyak kemudahan adalah Traveloka. Agen perjalanan online lokal ini memiliki sederetan fitur canggih yang bisa memperbesar kemungkinan Anda kebagian tiket kereta tambahan.

1. Notifikasi kursi

Fitur Notifikasi Kursi bertugas seperti asisten pribadi Anda. Dengan memasang fitur ini, Traveloka akan melakukan pemantauan ketersediaan kursi kereta sepanjang waktu. Anda akan langsung mendapat info ketika kereta tambahan untuk rute mudik Anda sudah tersedia. Pemberitahuan pun langsung dikirimkan ke ponsel yang selalu Anda bawa ke mana-mana, sehingga Anda tidak akan melewatkannya. Dengan begitu, Anda bisa segera membeli tiketnya sebelum diambil orang lain.

2. Pembayaran praktis

Salah satu kendala saat membeli tiket kereta online adalah beberapa metode pembayaran kerap tidak tersedia di waktu-waktu tertentu. Guna menghindari masalah pembayaran, Anda bisa menggunakan fitur pembayaran unggulan Traveloka, yakni PayLater atau Uangku.

PayLater adalah jenis metode pembayaran bersistem pinjaman online. Metode ini sangat cocok bagi Anda yang belum memiliki budget cukup untuk membeli tiket kereta. Bila aplikasi Anda disetujui, Traveloka akan memberikan saldo kredit minimal Rp 2.000.000 untuk Anda pakai membayar tiket mudik. Nantinya, Anda bisa mencicil penggunaan saldo kredit tersebut dalam waktu 1 – 12 bulan ke depan. Bila tertarik menggunakan metode ini, ajukan aplikasi Traveloka PayLater sekarang juga.

Sementara itu, Uangku adalah metode pembayaran bersistem dompet digital. Anda tinggal mengisi saldo sejak hari ini untuk digunakan saat membeli tiket kereta Lebaran. Dengan metode ini, proses pembayaran selesai dalam hitungan detik karena Traveloka akan langsung memotong saldo yang sudah ada. Saldo Uangku ini bisa Anda isi dengan mudah menggunakan jalur transfer bank atau ATM. Tak usah ragu dana hangus karena saldo Uangku tidak memiliki tanggal kedaluwarsa.

3. Kereta lanjutan

Untuk mengantisipasi kehabisan tiket kereta tambahan Lebaran, Traveloka menawarkan Kereta Lanjutan. Kereta ini bisa mengantar Anda mencapai tujuan melalui sejumlah rute alternatif. Sistem kerjanya kurang lebih sama dengan pesawat transit. Anda bisa menemukan kombinasi kereta lanjutan ini di laman yang sama dengan yang menampilkan hasil pencarian tiket kereta reguler di Traveloka.

4. Promo

Sejak dulu, Traveloka terkenal rajin memberikan promo istimewa, entah itu berupa diskon, bonus, hingga cashback. Sebelum membeli tiket kereta tambahan Lebaran, jangan lupa menengok laman Promo Traveloka. Siapa tahu sedang ada promo menarik yang bisa membuat pengeluaran mudik Anda berkurang jauh.

Bersama Traveloka, mudik nyaman naik kereta bisa terwujud dengan mudah. Jangan lagi takut tidak jadi mudik. Yuk, berburu tiket kereta tambahan dari hari ini!

 

 

(Adv)

Loading
Artikel Selanjutnya
Liburan Akhir Tahun 2019, Yuk Beli Tiket Kereta Api di Traveloka!
Artikel Selanjutnya
Makin Mudah, Kini Ajukan Asuransi Jiwa Bisa Lewat Traveloka