Sukses

Cara Tepat Agar Tak Dehidrasi Selama Puasa

Liputan6.com, Jakarta - Meski sedang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, tubuh harus terhindar dari masalah seperti dehidrasi. Karena itu, pola minum dan asupan air harus tetap tercukupi dengan baik.

Air memang termasuk komponen terbesar yang berada di dalam tubuh manusia. Kalau tubuh kekurangan cairan, maka akan mengalami berbagai masalah.

Kebutuhan tubuh terhadap air harus terpenuhi agar tidak mengalami dehidrasi saat berpuasa. Orang dewasa membutuhkan sekitar delapan gelas atau dua liter air dalam sehari.

Saat puasa, Anda jelas tidak bisa minum terus menerus. Anda harus menemukan formula yang tepat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama puasa.

Dilansir dari Boldsky, 9 Mei 2019, cara terbaik untuk memenuhi cairan tubuh selama puasa adalah menerapkan pola minum 2-4-2. Pola tersebut dilakukan dengan cara minum dua gelas air saat berbuka puasa, empat gelas di malam hari, dan dua gelas saat sahur.

2 dari 3 halaman

Makanan Berserat

Anda bisa membagi waktu minum sesuai keinginan, dengan catatan pola itu terpenuhi. Pola ini sangat baik diterapkan agar tubuh tetap terhidrasi.

Pola minum ini juga sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita diabetes maupun tidak. Selain itu, Anda juga disarankan mengonsumsi makanan berserat dan buah-buahan tinggi air untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa.

Jangan lupa memperbanyak konsumsi sayuran hijau agar bebas dari sembelit. Kebanyakan orang cenderung lupa mengonsumsi sayuran hijau saat berbuka maupun sahur.

Mereka lebih memilih mengonsumsi makanan bersantan dan berlemak saat sahur maupun berbuka puasa. Jadi selain minum air putih, jangan lupa banyak makan buah-buahan dan sayuran selama bulan puasa.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Peran Istri saat Ramadan yang Tak Boleh Diabaikan!
Artikel Selanjutnya
Fairuz A Rafiq Putuskan Absen Puasa Tahun Ini karena Menyusui