Sukses

Selain Air Putih, 5 Makanan Ini Buatmu Terhindar dari Dehidrasi

Liputan6.com, Jakarta - Tentu ada saat-saat ketika air mineral sangat dibutuhkan untuk melepas dahaga. Namun terkadang, bisa saja air mineral berubah menjadi sesuatu yang membosankan.

Mungkin saja, itu adalah salah satu alasan terciptanya berbagai jenis minuman. Mulai dari minuman ringan, soda, jus, minuman kesehatan, minuman isotonik, dan lain sebagainya.

Tentu air mengambil peran yang penting bagi tubuh. Tanpa air, kita hanya akan bisa bertahan selama beberapa hari saja. Sedangkan tanpa makanan, kita masih bisa bertahan hingga satu minggu lamanya.

Jika kamu ingin mencoba agar tetap terhidrasi tanpa meminum air mineral, cobalah beberapa alternatif ini.

1. Seledri

Mengingat bahwa batang seledri mengandung sekitar 95% air, maka memakan seledri bisa jadi salah satu alternatif untuk tetap terhidrasi. Selain air, seledri juga mengandung nutrisi seperti kalium dan vitamin K yang dapat menjadi bonus yang bagus.

Meskipun begitu, tidak semua orang akan suka makan seledri secara mentah. Itu karena, seledri memiliki rasa yang agak unik.

2. Smoothies (Pure)

Smoothies atau pure merupakan bahan makanan yang telah dilembutkan. Biasanya makanan yang dilembutkan berupa berbagai macam buah-buahan.

Ada banyak cara berbeda dalam membuat pure, dan kebanyakan dari mereka membuat cara terbaik untuk tetap terhidrasi. Kamu bisa memasukkan apa pun yang kamu inginkan pada saat membuat pure. Termasuk di dalamnya buah dan sayuran.

Selain itu, pure juga sangat mudah untuk dibuat. Biasanya, hanya dibutuhkan blender atau pisau untuk memotong bahan-bahan yang akan digunakan sebagai pure.

2 dari 2 halaman

3. Selada

Selada kepala renyah merupakan jenis selada yang paling familiar di dalam kehidupan sehari-hari. Selada jenis ini memiliki kandungan air sebanyak 96%. Dengan kandungan sebanyak itu, tentu kamu akan mendapat banyak manfaat pada saat mengonsumsinya.

Jika ingin menggunakannya sebagai sayuran di dalam salad, kamu bisa mencampur selada dengan beberapa bahan lain yang kamu suka. Itu juga berfungsi agar kamu bisa mengambil lebih banyak manfaat pada saat mengonsumsi salad.

4. Semangka

Semangka menjadi primadona di dalam daftar ini. Pasalnya, tidak hanya memiliki kandungan air sebanyak 92%. Semangka juga mengandung garam, magnesium, dan kalsium yang menjadikannya pengganti terbaik untuk minuman olahraga.

Semangka juga mengandung vitamin C, vitamin A, dan potasium. Rasanya yang manis menjadi nilai tambah dan daya tarik tersendiri bagi sebagian orang.

5. Stroberi

Jika dilihat dari kandungan airnya, stroberi benar-benar menjadi rival dari semangka. Tak hanya memiliki 92% kandungan air, stroberi juga cocok untuk dijadikan alternatif agar kamu bisa tetap terhidrasi.

Ditambah, kandungan serat dan vitamin C yang ada di dalamnya menjadikan stroberi sebagai alternatif yang lezat dan sehat agar bisa tetap terhidrasi.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ubah Gaya Hidup Jadi Lebih Sehat Hanya dengan Minum Air Mineral