Sukses

Cerita Akhir Pekan: 6 Perempuan Inspiratif dan Kreatif yang Mengharumkan Nama Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, 21 April 2019, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini. Kartini dengan nama lengkap Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat, atau yang biasa disingkat R.A Kartini, adalah sosok seorang Pahlawan Nasional Indonesia.

Perjuangannya menuntut hak perempuan atas hak mendapat pendidikan dan berpartisipasi dalam kegiatan publik menjadi pintu gerbang kesuksesan perempuan hingga sekarang ini. Beliau menjadi titik tolak kehidupan perempuan masa kini yang sudah banyak menorehkan prestasi dan menjadi inspirasi banyak orang.

Ada banyak sosok perempuan di negeri ini, terutama di bidang lifestyle yang menorehkan prestasi di tingkat nasional sampai internasional.  Dilansir dari beragam sumber, berikut sosok enam perempuan Indonesia yang punya reputasi mendunia di bidang fashion, beauty, travel dan kuliner.

Peggy Hartanto

Satu lagi desainer Indonesia yang karyanya diapresiasi dunia adalah, Peggy Hartanto. Bahkan majalah Forbes pernah menobatkan Peggy sebagai salah satu dari daftar pengusaha muda yang sukses di bawah usia 30 tahun pada 2016 lalu.

Pencapaian Peggy menjadi pengusaha mode memang bukan main-main. Karyanya sudah dipasarkan tak hanya di dalam negeri, tetapi juga mancanegara. Koleksi dengan merek Peggy Hartanto sudah dipasarkan ke beberapa negara seperti Singapura, Jepang, Kuwait, Dubai, Arab Saudi, dan Lebanon.

Lulusan sekolah desain mode di Sydney, Australia, ini sudah beberapa kali tampil di ajang fashion internasional. Desainer berusia 31 tahun ini mengaku mendapat inspirasi desain dari traveling dan bentuk visual. Inspirasi itu pun diwujudkan ke dalam desain dengan sentuhan modern.

Diana Putri

Dari Surabaya, Diana Putri berhasil membuat Indonesia merasa bangga. Rancangan Diana sudah berhasil mendunia. Karyanya yang paling dikenal adalah busana Ariana Grande saat tampil dalam ajang penghargaan MTV Video Music Awards 2018 di New York, Amerika Serikat.

Diana kecil bercita-cita jadi seorang dokter, tapi dunia fashion ternyata lebih cocok untuknya. Meski begitu, ia tak pernah mengikuti sekolah desainer sebelumnya. Ia mengaku kemahirannya merancang baju terinspirasi dari ibunya sendiri dan berawal dari rasa tidak puas saat membeli berbagai busana di Surabaya. Dia pun terpikir untuk mendesain bajunya sendiri.

Tanpa disangka, banyak teman-teman dan orang di sekitarnya yang mulai memesan baju rancangannya. Diana pun lolos kurasi dalam ajang couture Fashion Week di New York. Mengusung tema Garuda, rancangan perempuan bernama lengkap Diana Muljono Putri ini berhasil membuatnya memenangkan penghargaan sebagai Desainer Terbaik pada ajang fashion bergengsi tersebut.

Koleksinya telah dipakai oleh kalangan selebritas dunia hingga putri kerajaan. Bukan hanya Ariana Grande, penyanyi Toni Braxton hingga Putri Kerajaan Georgia juga pernah mempercayakan rancangan busananya di tangan Diana Putri. Sejumlah artis Indonesia juga turut jadi pelanggan busana mewahnya, mulai dari Krisdayanti, Farah Quinn, Putri Jelita, Kezia Warouw, Dewi Perssik, sampai Mulan Jameela.

2 dari 4 halaman

Archangela Chelsea Yusuf

Makeup artist (MUA) asal Indonesia Archangela Chelsea Yusuf semakin dikenal sejak dirinya merias deretan pesohor dunia. Ia pernah mendandani artis Hollywood dan juga mantan Miss Universe asal Amerika Serikat Olivia Culpo.

Chelsea menggunakan riasan yang bold dengan sentuhan bibir merah menyala. Ia sudah tiga kali mendandani aktris cantik tersebut. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa gaya riasannya sudah diterima dunia. Sebelumnya, Chelsea juga sempat mendandani bintang Nickelodeon Kira Kosarin, dan juga fashion blogger Chriselle Lim.

Chelsea yang berasal dari Surabaya dan lama berkarier di Los Angeles ini sebelumnya dikenal karena menjadi satu dari MUA asal Indonesia yang berkarier di Hollywood. Chelsea tercatat pernah mendandani Elizabeth Olsen, Bebe Rexha, Jeannie Mai, Amanda Steele, hingga Olivia Munn.

Untuk Olivia Munn, Chelsea menyuguhkan riasan wajah yang sculpted. Tampilan kulit yang terlihat segar dan merona namun tetap terlihat ringan menjadi salah satu kelebihan Chelsea dalam mengaplikasikan riasannya. Ini menjadi salah satu teknik yang membuatnya menjadi MUA favorit deretan pesohor dunia.

Caroline Septerita

Sebagai MUA, Carolina Septerita pernah melakukan berbagai gebrakan. Contohnya dengan meluncurkan aplikasi yang sebelumnya belum tersedia untuk pecinta makeup di Indonesia. Dia merilis aplikasi mobile makeup yang dapat memudahkan wanita mencari makeup artist.

Yang terbaru, di bulan ini ia mengaplikasikan makeup kecantikan natural dengan tema "Beauty Within Me". Tujuannya untuk lebih mengenal bahwa setiap perempuan memiliki sisi kecantikannya masing-masing.

"Caranya dengan menghadirkan riasan makeup sesuai karakter mereka, membuktikan jika setiap perempuan itu cantik," jelas perempuan yang sudah terjun di bidang makeup sejak 1999 ini.

Makeup artist yang pernah merias Halima Aden, model berhijab pertama di sampul Vogue, ini mendapuk 10 model untuk memperlihatkan bahwa perempuan Indonesia bisa tampil cantik sesuai dengan karakter mereka masing-masing. Mereka adalah Kahiyang Ayu, Nadine Candrawinata, Marcella Zalianty, Nadila Ernesta, Ashfi Qamara, Rebecca Reijman, Dian Rasifah, dan Sahila Hisyam.

Saat merias wajah 10 model tersebut, ia mengenali karakter-karakter modelnya. Ia kemudian mengaplikasikan warna hangat dan dingin yang sudah disesuaikan oleh karakter para model tersebut. Menurutnya, kehadiran warna pada riasan bisa mewakili kecantikan berbagai karakter perempuan Indonesia.

Warna yang dipilih di antaranya biru turquoise; hijau mint dan pink, merah bata; merah, orange, dan putih, ungu tua; metallic purple, copper; coral, silver, warna merah bata emas, dan hijau muda.

3 dari 4 halaman

Renatta Moeloek

Nama Renatta Moeloek dikenal luas setelah menjadi salah satu juri di program masak Master Chef Indoenesia di tahun ini. Meski begitu, ia sudah cukup lama terjun di bidang kuliner dengan reputasi internasional.  Perempuan berusia 25 tahun ini sudah memiliki usaha private dining, dan merupakan konsultan menu di sejumlah restoran di Indonesia.

Ia juga aktif memperkenalkan kuliner Indonesia melalui sejumlah kegiatan kuliner luar negeri terutama di Eropa. Saat menyelesaikan kuliah di Le Cordon Bleu Culinary Arts di Paris, Prancis, ia meraih penghargaan bergengsi yakni, Diploma Superior Cuisine dan Superior Pastry.

Setelah lulus pada 2014, Chef Renatta sempat bekerja di sejumlah restoran berbintang di luar negeri, sebelum akhirnya merintis bisnis kuliner sendiri di Indonesia. Bersama rekannya, Chef Maxie Millian, Renatta sukses mempromosikan pengalaman bersantap kuliner khas Indonesia di kancah internasional.

Kadek Arini

Traveler mana yang tidak kenal dengan sosok Kadek Arini? Perempuan asal Bali ini merupakan salah satu dari sekian banyak travel blogger yang menginspirasi lewat karyanya saat traveling, yang ia unggah di Instagram dan blognya.

Ia bahkan mengakui kalau traveling adalah cinta pertamanya. Ia mulai menyukai traveling saat pergi ke Hongkong bersama seorang temannya saat usianya masih 18 tahun. Sudah menjajal lebih dari 36 negara, pemilik akun Instagram @kadekarini itu kini telah memiliki pengikut sebanyak 131 ribu sampai pertengahan April 2019.

Menariknya, selama ini Kadek Arini dikenal sering solo traveler. Sebagai seorang travel blogger, traveling sendirian bukanlah hal yang baru dan aneh bagi Arini. Ia mengaku dalam blog-nya kalau sejak membuat blog dia tak hanya passion di traveling dan menantang dirinya pada petualangan baru, tapi juga sharing.

Dengan begitu ia berharap dapat menginspirasi orang lain untuk mulai traveling dan terus menjelajah. Salah satu tulisannya yang paling menarik dan banyak dibaca orang ialah saat petualangannya backpacking ke Santorini Park, Thailand.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Para Pendukung Kartini Masa Kini dalam Berkarya
Artikel Selanjutnya
Cerita Akhir Pekan: Karya-Karya yang Terinspirasi Perjuangan Kartini