Sukses

India Gelar Festival Meriah Sambut Tahun Baru Saka

Meski sama-sama menggelar festival, setiap daerah di India punya bentuk perayaan Tahun Baru Saka berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta - Rayakan Tahun Baru Saka berarti menggelar festival meriah bagi penganut Hindu di India. Tak seragam, cara merayakan pergantian tahun ini terbilang unik, lantaran setiap daerah memiliki cara dan tradisi tertentu dalam pelaksanaannya.

Perbedaan tersebut memunculkan ragam festival tahun baru di India. Dilansir dari laman worldreligionnews.com, berikut beberapa festival Tahun Baru Saka di India beserta daerah perayaannya.

1. Ugadi

Perayaan Ugadi jadi tanda dimulainya Tahun Baru Saka Telugu di negara bagian Karnataka, Maharashtra, dan Andhra Pradesh. Orang India di daerah ini akan membeli baju baru dan memakan makanan sehat untuk merayakan festival Ugadi.

Dalam perayaan ini, peserta festival akan mempersiapkan hidangan spesial yang disebut ugadi pachadi. Hidangan ini berupa variasi makanan dengan rasa yang berbeda, sebagai simbol harapan di tahun yang baru. Biasanya perayaan ini diadakan pada Maret atau April di tanggal yang berbeda.

2. Puthandu

Acara ini biasanya diadakan di daerah selatan India, seperti Tamil Nadu, Kerala, dan Karnadaka. Dalam festival ini, penganutnya akan berkata Puthandu Vazthukal untuk mengucapkan selamat tahun baru.

Perayaan ini berlangsung pada pertengahan April, biasanya berkisar 13 atau 14 untuk menyambut Tahun Baru Tamil. Selama acara ini, hidangan yang disebut mangai pachadi disediakan. Hidangan tersebut terbuat dari mangga mentah, gula merah, dan variasi bunga neem, bunga khas India.

3. Bohag Bihu

Perayaan Tahun Baru Saka di negara bagian Assam ini jadi tanda dimulainya musim bertani di negara tersebut. Festival yang biasanya diadakan di pertengahan April ini penting untuk dirayakan sebab bisa membawa limpahan rezeki dan sukacita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ragam Perayaan Tahun Baru Saka di India

4. Pohela Boishakh

Umumnya, festival ini dirayakan untuk menyambut tahun baru Bengali oleh umat Hindu yang tinggal di daerah perbukitan Tripura. Orang-orang berkumpul dan merayakan festival ini dengan antusias.

Ketika festival Pohela Bohishakh tiba, orang-orang biasanya merayakan acara ini dengan berdoa atau berbelanja. Namun, ada juga yang beranggapan tanggal festival ini bagus untuk mengadakan upacara pernikahan.

5. Gudi Padwa

Festival Gudi Padwa diadakan di negara bagian Konkani atau Maharashtra. Acara ini membutuhkan kain berwarna kuning cerah yang disebut Gudi.

Kain tersebut diikat di bagian atas bambu panjang dan digantungkan di sisi kanan rumah untuk mengusir semua roh-roh jahat dan mengundang masuk kelimpahan dan keberuntungan ke dalam rumah.

6. Baisakhi

Baisakhi merupakan festival memanen yang diadakan di India Utara. Festival ini dilakukan untuk menyambut tahun baru Punjabi yang biasanya diadakan pada 13-14 April.

Umumnya, Baisakhi dirayakan oleh penganut Sikh di Kuil Emas Amristar, tempat Khalsa, para tentara Sikh dibentuk untuk menegakkan ajaran Sikh di India. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.