Sukses

Hari Peduli Sampah Nasional, Sudah Berbuat Apa Hari Ini?

Liputan6.com, Jakarta - Sampah menjadi persoalan yang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Setiap hari tak henti sampah memenuhi muka bumi ini. Bahkan, warga Jakarta saja dalam satu hari warganya bisa menghasilkan sampah plastik seluas tujuh lapangan bola.

Untuk merayakan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada hari ini, Kamis (21/2/2019), Liputan6.com mengajak Anda untuk menjadi bagian dari solusi mengurangi sampah dengan menerapkan enam hal berikut ini seperti dikutip dari akun Instagram Pemprov DKI.

Membawa tas belanja sendiri

Mengurangi pemakaian tas plastik sekali pakai menjadi langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bumi. Selain dapat menghemat pengeluaran dengan tidak membayar tas plastik, Anda juga berkontribusi untuk mengurangi sampah plastik.

Membawa botol air yang dapat digunakan lagi

Kebanyakan orang menginginkan hal yang praktis, termasuk saat minum. Membeli botol minum kemudian membuangnya, begitu setiap hari dilakukan. Apabila kegiatan membawa botol air sendiri tidak dimulai dari diri kita sendiri, sampah plastik akan bertambah setiap harinya.

Membawa tempat makan sendiri

Kita selalu mengkonsumsi makanan setiap hari. Tidak jarang orang yang memiliki banyak kegiatan memilih untuk membeli makanan di restoran atau warung makan.

Biasanya, kemasan yang digunakan menggunakan plastik dan atau styrofoam. Hal tersebut apabila dilakukan terus menerus akan menambah volume sampah. Untuk itu, mulailah dengan membawa tempat makan sendiri agar produksi sampah berkurang.

Tidak menggunakan sendok dan garpu dari plastik

Bukan hanya tak ramah lingkungan, sendok dan garpu sekali pakai dari bahan plastik tidak baik untuk kesehatan. Polimer beracun pada sendok dan garpu plastik bisa ikut termakan saat digunakan menyantap hidangan panas. Tentunya zat plastik yang termakan dalam jangka waktu lama akan menyebabkan gangguan fungsi hati, pencernaan, hingga kanker.

Tempatkan sisa makan dengan wadah kaca

Usahakan tidak memakai plastik setiap hari. Dengan langkah sederhana saja Anda dapat membantu bumi ini untuk memiliki lebih banyak oksigen. Dengan menempatkan sisa makanan di wadah kaca berarti Anda ikut peduli untuk menjaga lingkungan kita.

Bagikan tips ini ke semua orang

Melalui Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada hari ini, Anda harus ikut serta untuk mengurangi penggunaan plastik. Dengan menyebarkan kebaikan kepada sesama, Anda sudah ikut merayakan hari peduli sampah. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pamor Plastik di Industri Makanan Diprediksi Makin Redup pada 2020
Artikel Selanjutnya
Kemasan Mudah Terurai Diharapkan Mampu Atasi Masalah Sampah Plastik