Sukses

Kebiasaan Mengonsumsi Gula Berlebih, Begini Cara Menghentikannya

Ada beberapa cara untuk menghentikan mengonsumsi gula secara berlebihan. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Mengonsumsi gula yang berlebih, termasuk ke dalam kebiasaan buruk. Menurut para peneliti di University of Michigan, gula dapat membuat kecanduan dengan cara yang mirip dengan obat-obatan dan alkohol.

Hal itu yang membuat menghindari dan menghenti kebiasaan mengonsumsi gula suatu hal penting. Dilansir dari purewow.com, Kamis, 7 Januari 2019, berikut beberapa cara menghentikan kebiasaan mengonsumsi gula.

Pendekatan Lambat

Jika biasanya menggunakan dua sendok teh gula dalam kopi, bisa dikurangi menjadi satu sendok saja selama seminggu hingga pada titik tak membutuhkan gula sama sekali. Cara ini termasuk pendekatan lebih lambat yang bisa menjadi kunci keberhasilan jangka panjang.

Hati-Hati terhadap Gula Tersembunyi

Obat batuk, permen karet, saus tomat, kacang panggang, sup, saus salad, dan daging sekalipun seringkali mengandung gula tersembunyi. Hanya karena tak mengonsumsi kue atau permen, bukan berarti Anda tak mengonsumsi gula sama sekali.

Menemukan Cara Lain untuk Menghilangkan Stres

Carilah cara lain untuk menghilangkan stres, seperti suplemen yang dapat menangkal hormon stres dan mendukung produksi serotonin yang lebih baik, tanpa harus menggunakan gula. Stres dapat membuat seseorang mendambakan gula, karena gula dapat membantu meningkatkan produksi serotonin, neurotransmitter yang menenangkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.