Sukses

Katanya Bawa Sial Sepanjang Tahun, 6 Makanan Ini Tabu Disajikan Saat Imlek

Ada yang dipercaya mendekatkan Anda dengan kematian, makanan-makanan ini sangat disarankan untuk tidak disajikan saat Imlek.

Liputan6.com, Jakarta - Makan bersama adalah satu dari sekian banyak tradisi Imlek yang dilakukan tak sedikit orang. Hangat suasana ketika menyantap satu-dua masakan khas kiranya jadi satu hal yang dirindukan di momen pergantian tahun baru bagi masyarakat Tionghoa tersebut.

Sebagai catatan, ternyata ada beberapa makanan yang tabu disajikan di momen Imlek. Pasal, menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, deretan kuliner ini bakal membawa sial sepanjang tahun. Dilansir dari chinahighlights.com, Senin (4/2/2019), berikut beberapa di antaranya.

Kepiting

Cara berjalan kepiting yang cenderung miring, dianggap tak memberi kemajuan pada usaha, lantaran tak fokus pada tujuan hidup. Maka itu, orang yang makan sajian kepiting saat Imlek dianggap tak memiliki cita-cita untuk mengubah hidup ke arah lebih baik.

Lobster

Seperti kepiting, cara bergerak lobster juga dianalogikan buruk dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa. Cara jalan lobster yang mundur dikhawatirkan dapat memberi kemunduran dalam hidup, baik secara personal maupun profesional.

Ikan tanpa kepala dan ekor

Ikan tanpa ekor dan kepala dianggap tabu disajikan, lantaran orang Tionghoa percaya jika segala hal memiliki titik awal, dilambangkan kepala, serta titik akhir, disimbolkan ekor. Kalaupun memakan ikan utuh saat Imlek, ada aturan khusus yang harus diikuti.

Menurut kepercayaan kaum Tionghoa, jangan pernah membalik ikan sebelum selesai disantap karena dianggap sebagai usaha yang terbalik. Hal tabu berkenaan sajian Imlek itu juga dipercaya akan membuat usaha bangkrut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan-makanan yang Sebaiknya Tak Dihidangkan Saat Imlek

Sayap ayam

Sayap ayam dipercaya bisa menyebabkan keberuntungan hilang. Sayap pada ayam dianggap bisa membawa terbang keberuntungan yang akan diperoleh di tahun tersebut. Jadi, walau rasanya nikmat, sajian satu ini disarankan tak ada di perayaan Imlek.

Makanan dengan cita rasa pahit

Hidangan yang punya rasa pahit sangat dilarang karena dipercaya membuat kehidupan bakal terasa pahit sepanjang tahun. Kesialan yang tentunya ingin dihindari mengingat banyak asa tertentu di tahun baru.

Roti berlubang

Roti dengan tekstur berlubang harus dihindari saat Imlek. Memakannya menurut kepercayaan orang Tionghoa akan mendekatkan orang tersebut pada kematian. Sebagai ganti, roti fa gao dengan tekstur padat biasanya disajikan saat Imlek karena dianggap mendatangkan keberuntungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.