Sukses

Dulux Kenalkan Spiced Honey Sebagai Color Of The Year 2019

Liputan6.com, Jakarta Kerap dianggap sebelah mata, ternyata warna mempunyai peran sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh warna pada ruangan. Ada warna tertentu yang mampu memberikan stimulus pada ruangan agar mood bisa menjadi lebih baik.

Hal itu diutarakan oleh Managing Director Decorative Paints Southeast Asia and South Asia AkzoNobel, Oscar Wezenbeek. Ia mengatakan warna Spiced Honey menjadi warna yang dipilih dari riset yang telah dilakukan oleh AzkaNobel.

Warna Spiced Honey yang juga dikenal sebagai (Crème Brulee 00YY 26/200) diperkenalkan sebagai Color of the Year untuk tahun 2019 oleh Dulux, merek cat dinding dekoratif terkemuka dari AkzoNobel.

Pemilihan warna tersebut melalui sejumlah penelitian dari para ahli warna. Mulai dari tren, wawasan, dan perilaku konsumen global.

Sesuai dengan tema tahun ini, yaitu “let the light in”, warna itu memberikan nuansa kuning (amber) yang hangat, serbaguna dan kontemporer, serta mampu melengkapi berbagai gaya hidup dan pilihan interior.

“Selama lebih dari 25 tahun, pemilihan warna-warna ini diawali di Pusat Estetika Global yang bertugas melakukan analisis tren, penelitian warna, desain warna, serta arah seni,” jelas Oscar Wezenbeek dalam konsfrensi pers peluncuran 'Spiced Honey: Color of The Year Dulux', Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Mengenai pemilih Spiced Honey sebagai 'Color of The Year' juga dipengaruhi oleh kejadian pada dunia saat ini. Aspek dari ekonomi, politik, kesenian sampai kebudayaan.

“Penelitian tren kami menunjukkan bahwa orang-orang di seluruh dunia tengah mengalami pembaharuan energi, optimisme, serta tujuan hidup,” imbuh Oscar.

Lanjut Oscar, pemilihan Spiced Honey merupakan cerminan dari keinginan tersebut. Sebuah warna yang dapat menenangkan atau memberikan kenyamanan, menstimulasi dan memberikan energi, tergantung dengan cahaya dan warna yang ada di sekitarnya.

“Dari warna tersebut, kami membaginya menjadi 4 bagian, yaitu Act, Dream, Think, dan Love,” kata Oscar.

Pemilihan 4 bagian itu, menurut Oscar mewakili karakter setiap orang di dunia agar mempunyai kualitas dalam kehidupan.

Perlu dikethaui, pemilihan Dulux Color of the Year —yang kini memasuki tahun ke-16—dilakukan setiap tahunnya untuk membantu meyakinkan para konsumen dalam membuat pilihan warna dan desain melalui penyajian beragam bantuan seperti inspirasi, visualisasi, pilihan produk dan aplikasi.

Selain itu, konsumen dapat menggunakan sejumlah alat untuk menentukan pilihannya, termasuk color tester dan solusi digital inovatif seperti Visualizer.

Sementara itu, fotografer, Rio Motret mengatakan bahwa pemilihan Spiced Honey sebagai 'Color of The Year' sangat tepat. Pasalnya, dengan warna itu Rio kerap menampilkan foto-foto yang menawan.

“Warna merupakan elemen paling penting dalam fotografi. Warna dapat menciptakan suasana hati (mood), emosi, rasa hangat atau dingin, dan masih banyak lagi. Warna juga dapat menentukan cerita dalam suatu image dan menjadikannya sebuah gambar yang memiliki dampak yang besar,” tutur Rio.

Mengenai warna itu, lanjut Rio bahwa Spiced Honey mungkin warna yang tampak netral. Namun, warna tersebut mampu memberikan nuansa yang sophisticated, menyenangkan dan berani. Semua tergantung bagaimana Anda memadukannya. Saya sangat menyukai warna ini karena dapat menciptakan warna dasar yang kuat di foto-foto saya,” kata Rio Motret.

 

(*)

Momen Hening untuk Karl Lagerfeld di London Fashion Week

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
Spiced Honey, Si Hangat yang Jadi Color of The Year 2019