Sukses

Simak, Kemeriahan MAKER FEST 2018 Jakarta

MAKER FEST 2018 telah mencapai puncaknya pada 15 - 16 Desember 2018. Seperti apa kemeriahannya?

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian kegiatan MAKER FEST 2018 yang diselenggarakan oleh Tokopedia telah mencapai puncaknya. Setelah berlangsung di delapan kota di Indonesia, acara ini ditutup dengan meriah di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 15 - 16 Desember 2018.

Dalam acara puncak tersebut, 24 top kreator lokal dari delapan kota menampilkan karya terbaik mereka. Mereka berasal dari Medan, Padang, Jakarta, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Bandung, dan Denpasar.

Setiap kreator menampilkan karya terbaik mereka. Beragam produk kerajinan tangan, seperti tas, baju, dompet, dan pernak pernik lainnya dapat dibeli oleh para pengunjung MAKER FEST 2018.

Selain bisa melihat dan membeli barang buatan perajin dalam negeri, pengunjung juga bisa mengikuti workshop dari para ahli. Pada hari pertama, ada creative talks oleh MG Pringgatono dari Gudskul Art dan Daniela Praptono dari Ruru Kids yang membahas Berteman, Bermain, Belajar, dan Berkolaborasi.

Lalu, ada workshop Arduino untuk Pemula dari Moch. Hasrul dan Ricky Janitra dari Gudskul Art. Selanjutnya, ada creative talks dari Rifan dan Oi dari Swara Gembira, Nadia Rachel dari Populo Batik, dan Dede Akbar dari Warteg Gourmet yang membahas tema "Saya Sih Bangga Kreasi Lokal. Kalo Kamu?".

Terakhir, ada creative talks tentang Menngelola Bazaar dari Namira Syarfuan dan Sara S Titohadiguno dari Market Museum, Patricia Wulandari/Raymond Malvin dari Catalyst Art Market, dan Livia Zahra dari Pop Up Market.

Pada hari pertama juga ada beberapa penampilan musisi Tanah Air yang menghibur para pengunjung. Ada Nonaria, Rifan Kalbuadi, Vira Talisa, dan Matter Halo.

Berlanjut ke hari ke-dua, masih ada dua workshop yang dapat diikuti pengunjung. Pertama, workshop Fashion Photography with Local Brands dari Shakti Siddarta. Kedua, ada creative talks dari Arief Muhammad dan Ayla Dimitri. Kedua influencers ini membahas tentang Berkarir di Dunia Digital.

Pengunjung yang datang pada hari ke-dua juga dihibur oleh musisi tanah air yang tak kalah keren dari hari pertama. Ada Jamaican Café, Monkey Boots, Adhitia Sofyan, Diskoria, Feast, Teddy Adhitya, serta Stars & Rabbit yang membawakan hits-hits populer mereka.

Adapun acara puncak yang paling ditunggu-tunggu pada hari ke-dua ialah pengumuman tiga pemenang kompetisi bisnis.

MAKER FEST 2018 menyaring sekitar 1.500 pendaftar  menjadi 30 besar di setiap kota. Lalu, para finalis melewati rangkaian tahap pelatihan bisnis, wawancara, dan penilaian dari para pengunjung. Akhirnya, terpilih tiga finalis dari setiap kota.

Selanjutnya, 24 finalis didatangkan ke Jakarta untuk mengikuti sesi pendalaman bisnis dan sesi monitoring oleh beberapa makers inspirasional. Terakhir, mereka harus melakukan presentasi di hadapan panelis juri yang antara lain terdiri dari CEO Tokopedia William Tanuwijaya, wartawan senior Andi F. Noya, dan brand expert Arto Subiantoro.

Akhirnya, terpilih tiga juara yang berhasil memenangkan hadiah total miliaran rupiah sebagai dukungan usaha mereka. Juara III diraih oleh The Able Art yang berhak membawa pulang Rp 200 juta. Bisnis ini menjual produk merchandising dari karya lukis kelompok difabel.

Adapun Juara II diraih oleh Kandura Studio yang bergerak di bidang produk pecah belah. Mereka mendapatkan hadiah Rp 300 juta.

Pemenang pertama kompetisi tersebut berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 1 miliar. Pebisnis yang beruntung memenangkannya adalah OMO! Helthy, snack bayi dan balita. Bisnis ini bekerja sama dengan sejumlah ahli gizi untuk membantu para ibu memenuhi gizi anak.

Akhirnya, kemeriahan MAKER FEST 2018 ditutup oleh penampilan dari Kahitna. Meriah!

Apabila Anda belum sempat melihat produk-produk kreasi lokal di acara MAKER FEST 2018, jangan khawatir. Anda masih bisa melihat dan membelinya di Tokopedia. Cek, yuk!

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini