Sukses

Hanya Tempel Stiker, Buah Bisa Tahan 2 Minggu Lebih Lama

Stiker dari Stixfresh bisa bikin buah tertentu lebih tahan lama dalam waktu dua minggu tanpa efek samping. Bagaimana bisa?

Liputan6.com, Jakarta – Menjaga buah agar tetap segar dan bisa disimpan dalam waktu yang lama memang tidak mudah. Tapi sekarang, ada stiker ‘ajaib’ yang bisa membuat buah-buahan lebih tahan lama.

Sebuah perusahaan Malaysia baru-baru ini mengklaim kalau mereka berhasil membuat buah lebih tahan lama hanya dengan stiker. Dilansir dari Now This Food, perusahaan bernama Stixfresh itu sudah mengembangkan stiker yang memungkinkan buah-buahan tetap segar selama 14 hari lebih lama.

Stiker itu juga membuat buah yang ditempel stiker tetap manis, berair, dan daging buahnya matang. Stiker yang dibuat dengan bahan organik ini sangat mudah digunakan. Cukup ditempelkan pada buah yang diinginkan.

Walaupun begitu, stiker ini bekerja lebih baik pada buah apel, pir, alpukat, buah naga, kiwi, mangga, jeruk, dan buah sebangsa jeruk lainnya. Bahkan, mereka mengklaim stiker tersebut bisa ikut dimakan karena tak mengandung bahan berbahaya bagi tubuh manusia.

Komponen utama dari stiker ini adalah natrium klorida dan lilin lebah. Dua unsur itu diyakini mengurangi proses pematangan dengan menghalangi Ethylene, hormon pematangan yang ditemukan dalam buah-buahan. Proses ini juga mencegah munculnya jamur pada buah-buahan.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buatan Malaysia

Pendiri Stixfresh, Zhafri Zainudin mengatakan bahwa sebelum menciptakan perusahaan, dia memiliki satu tujuan: Ia mungkin tidak bisa menghentikan kekuatan alam, tapi mungkin bisa memperlambatnya. Butuh waktu 4 tahun bagi Zainudin untuk mengembangkan ide dan produk tersebut.

Ia kemudian mendirikan Sixtfresh dengan bantuan dua rekannya. Setelah sukses di Malaysia selama beberapa tahun, kini Stixfresh sudah sampai ke Amerika Serikat (AS). Kantor pertama mereka di AS baru saja dibuka bulan lalu. Stixfresh terus mencari cara untuk mengembangkan bisnis mereka dengan mendapatkan stiker mereka pada buah-buahan yang dijual di seluruh Asia.

Mereka juga berencana untuk membuat stiker yang berfungsi pada buah-buahan lainnya dan sayuran dalam waktu dekat.  Jadi kalau ingin buah-buahan Anda lebih tahan lama, coba saja tempelkan stiker Stixfresh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.