Sukses

Mengenal Sosok Transgender Pertama yang Berkompetisi di Miss Universe 2018

Liputan6.com, Jakarta - Menuju malam final, panitia kompetisi kecantikan sejagat Miss Universe 2018 terlebih dahulu menggelar preliminary competition atau penjurian. Acara ini berlangsung Impact Arena, Muang Thong Thani, Bangkok, Thailand pada Kamis, 13 Desember 2018.

Sebanyak 94 kontestan berkompetisi untuk merebut gelar sebagai Miss Universe 2018. Satu di antaranya adalah Angela Ponce, Miss Spanyol yang tidak lain adalah seorang transgender.

Pemilik nama asli Angela Ponce Camacho tersebut mencetak sejarah dengan berhasil keluar sebagai Miss Spanyol 2018 pada 29 Juni 2018 lalu. Kemenangan ini mengantarkan Angela sebagai transgender pertama yang berkompetisi di Miss Universe 2018.

Berdasarkan biografi Angela di situs resmi Miss Universe, ia mendedikasikan usaha untuk memberdayakan perempuan dan keluarga muda agar bangga dengan diri mereka. Ia berkampanye untuk mempromosikan keragaman dan kesetaraan gender.

Jika berhasil membawa pulang mahkota, Angela ingin menyebarkan toleransi dan rasa hormat terhadap diri sendiri dan orang lain secara global. Angela berharap dapat membuat negaranya bangga lewat kompetisi Miss Universe tahun ini.

Sementara, perjuangan perempuan transgender berusia 27 tahun ini tidaklah mudah. Pasang surut harus ia lalui hingga dapat meraih pencapaian saat ini dan berlaga di Miss Universe 2018.

"Ini tidak mudah. Pada 2015, saya berkompetisi dalam kontes lain, Miss World di Spanyol tetapi saya menemukan di hari kompetisi bahwa peraturan mereka tidak mengizinkan perempuan transgender menang. Itu membuat saya hancur" ungkap Angela kepada TIME, 28 November 2018 lalu.

"Saya harus terus tampil dan itu tarasa mengerikan. Tetapi setelah saya mencapai final Miss Universe, Miss World mengubah aturan mereka juga. Saya mengubah aturannya," tambahnya.

Selain Angela Ponce, Miss Universe 2018 akan disiarkan secara langsung hanya di FOX, Minggu, 16 Desember 2018 dari Bangkok, Thailand pukul 19.00 waktu setempat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading