Sukses

Bahan-Bahan Sederhana Penghilang Bau pada Talenan

Talenan tak bau dan bersih dapat membuat makanan sehat untuk dikonsumsi.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang hobi memasak, talenan jadi barang yang cukup penting. Meski hanya berfungsi sebagai alas untuk memotong bahan makanan, kebersihannya wajib dijaga. Menjaga talenan agar tetap bersih akan membuat makanan sehat untuk dikonsumsi.

Karena banyak bahan makanan yang dipotong di atas talenan, mulai dari buah, sayur, hingga daging, talenan sangat berpotensi menjadi sarang berkembang biaknya bakteri hingga menimbulkan bau. Dilansir dari spendwithpennies.com, Senin, 19 November 2018, berikut tips membersihkan talenan agar tak bau.

Lemon

Lemon atau jeruk nipis bisa digunakan untuk membersihkan talenan. Kandungan asam dalam lemon dan cuka mampu membunuh bakteri penyebab bau dan potensi penyakit.

Cuka dan Garam

Untuk menghilangkan bau makanan bisa menggunakan cuka dan garam yang digosokan pada talenan. Angin-anginkan setelah dibilas bersih hingga kering.

Baking soda

Selain cuka dan garam, baking soda juga bisa digunakan untuk membersikan talenan. Gosokan baking soda pada talenan dengan dengan sendok hingga bersih. Setelah itu, bilas dengan air dan angin-anginkan di bawah sinar matahari.

Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida juga bisa menghilangkan bau pada talenan. Bahan tersebut hampir sama dengan cuka maupun baking soda. Taburkan dan gosokan di atas talenan lalu biarkan selama beberapa menit. Basuh dengan air panas dan keringkan di bawah sinar matahari. (Febi Anindya Kirana)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.