Sukses

4 Kesalahan Pemakaian Talenan yang Tak Kamu Sadari

Talenan harus ekstra dilakukan karena alat tersebut mudah sekali jadi sarang bakteri dan kotoran jika tak bersih saat membersihkan.

Citizen6, Jakarta Apakah kamu termasuk orang yang hobi masak? Salah satu alat masak yang paling sering kamu pakai adalah talenan. Talenan digunakan sebagai alas makanan dan wajib tersedia.

Perawatan talenan harus ekstra dilakukan karena alat tersebut mudah sekali jadi sarang bakteri dan kotoran jika tak baik saat membersihkannya. Sayangnya, ada beberapa kesalahan dalam penggunaan talenan yang sering tak kamu sadari.

  • Malas menyikat permukaan talenan

Guratan pisau pada talenan kayu dan plastik sering meninggalkan bekas yang perlahan-lahan makin dalam. Kotoran akan mudah bersarang di bekas guratan.

Forum Liputan6

Jika hal ini terus terjadi, jamur akan muncul. Oleh karena itu, talenan harus dicuci bersih dan disikat dengan sikat kawat agar kotoran terangkat bersih.

  • Memakai talenan yang sama untuk daging dan sayur

Minimal kamu harus punya dua talenan. Satu talenan untuk memotong daging sapi, ayam dan ikan. Lalu satu talenan lagi untuk memotong sayuran dan buah. Jika kamu menggunakan talenan yang sama untuk memotong daging, ayam, seafood, dan sayuran, maka memicu risiko kontaminasi silang.

Forum Liputan6

Hal ini dilatarbelakangi ayam mentah dapat mengandung bakteri salmonella. Sebaiknya, kamu gunakan dua talenan dengan warna berbeda untuk mempersiapkan dua bahan berbeda.

Simak selengkapnya di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.