Sukses

Makna di Balik Seragam Pramugari Lion Air

Setiap maskapai penerbangan mempunyai seragam yang berbeda untuk pramugari. Lalu siapa yang mendesai dan, apa makna dari seragam pramugari Lion Air?

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai penerbangan Lion Air menjadi sorotan dunia usai pesawat JT-610 milik Lion Air jatuh di perairan Karawang, beberapa waktu lalu. Berdasar situs resmi Lion Air, masakpai penerbangan ini didirikan Rusdi Kirana pada 15 November 1999 dan mulai beroperasi pertama kali pada tanggal 30 Juni 2000.

Awal berdiri, Lion Air melayani rute penerbangan dari Jakarta menuju Pontianak menggunakan pesawat dengan tipe Boeing 737-200 yang pada saat itu berjumlah 2 unit. Lion Air merupakan maskapai berbiaya rendah (Low Cost Carrier) dengan mengusung slogan We Make People Fly.

Dalam perjalanannya mengudara dan melayani masyarakat, saat ini Lion Air memiliki lebih dari 100 pesawat dalam beberapa tipe, dan telah terbang ke 183 rute penerbangan yang terbagi dalam rute domestik, dan rute Internasional menuju sejumlah negara seperti, Singapore, Malaysia, Saudi Arabia dan China.

Rusdi Kirana mendirikan perusahaan Lion Air dari nol. Ia sendiri yang merancang pembuatan logo, hingga desain pakaian pramugari. Simbol kepala singa menjadi lambang semangat dan keberanian, sedangkan sayap melambangkan jenis usaha penerbangan, dan matahari merupakan kebutuhan bagi semua orang.

Seragam pramugari Lion Air, memiliki model cheongsam dengan warna merah mendominasi. Model cheongsam dipilih karena dianggap tidak cepat ketinggalan zaman. Cheongsam juga dinilai cocok untuk dipakai pramugari dari beragam usia.

Baju cheongsam dipadu dengan rok panjang dengan belahan yang tingginya hingga sepaha karena memperhitungkan fleksibilitas gerak pramugari untuk kepentingan tugas mereka.

"Bahkan tinggi belahannya telah diperhitungkan, termasuk saat pramugari harus berlari pada situasi tertentu," kata Direktur Umum Lion Air Edward Sirait kepada salah satu media online, 2010 lalu.

Hingga saat ini desain seragam pramugari Lion Air tidak mengalami perubahan sejak Lion Air pertama kali beroperasi.

Saksian video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.