Sukses

Wonderful Indonesia GATF 2018 Promosikan Pariwisata Indonesia ke Wisatawan Singapura

GATF 2018 berikan bukti Indonesia makin terbuka untuk wisman dari Singapura.

Liputan6.com, Singapura Acara Wonderful Indonesia GATF 2018 resmi dibuka di Suntec City Mall, Singapura, Jumat (19/10/2018). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura, dan Garuda Indonesia ini berlangsung selama tiga hari, dari 19 hingga 21 Oktober 2018.

Dalam acara tersebut, pihak penyelenggara melakukan promosi besar-besaran untuk Indonesia.

"Silahkan datang ke Indonesia. Negara kami punya semuanya. Acara ini membuktikan bahwa Indonesia memang sangat terbuka untuk didatangi oleh wisatawan dari Singapura," ujar Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya.

Beragam destinasi wisata di Indonesia turut dipromosikan, terutama Belitung yang baru saja memiliki rute penerbangan langsung.

"Banyak destinasi yang bisa didatangi di negara kami, ada Labuan Bajo, Bali, Bandung. Cocok untuk datang bersama keluarga, honey moon. Apalagi kini kami membuka penerbangan ke Belitung. Destinasi ini juga sangat keren," ucap Swajaya.

Lanjutnya, pihaknya siap terus berkolaborasi dengan Kemenpar ataupun Garuda Indonesia untuk melakukan promosi bersama guna meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) asal Singapura.

"Karena kami juga punya semangat yang sama," kata Swajaya.

Sementara itu, Vice President Asia Region Garuda, I Wayan Subagia, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kehadiran Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di GATF 2018. Ia mengatakan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan Kemenpar untuk membuka pintu wisatawan ke tanah air.

"Penerbangan-penerbangan yang ada dan yang akan buka oleh Garuda dari Singapura harus optimis. Saat ini kami akan berjuang terus menawarkan paket, berkoordinasi dengan travel. Pesawat harus baik keterisiannya, walaupun penumpangnya dari negara manapun," ujar Wayan.

Ia menjelaskan bahwa saat ini Garuda melayani penerbangan dari Singapura ke Denpasar sebanyak dua kali seminggu, ke Jakarta sembilan kali seminggu, dan ke Surabaya tujuh kali seminggu. Ruter terbaru, mulai 2 Desember 2018 akan ada penerbangan langsung dari Singapura ke Bandung sebanyak empat kali seminggu.

"Dan kami bersyukur akan membuka penerbangan perdana ke Belitung mulai tanggal 29 Oktober 2018. Belitung saya yakin akan penuh, karena Belitung punya destinasi yang berbeda dan menarik. Kami akan bantu jual penerbangan ini hingga ke Eropa dan semua transit di Singapura," ucap Wayan.

Ia menambahkan, even ini merupakan misi penjualan dan promosi destinasi wisata di Indonesia sekaligus launching direct flight penerbangan Garuda Indonesia Singapura - Tanjungpandan (Bangka Belitung).

"Menjadi tugas bersama, memperkenalkan destinasi kita dan melayani dengan baik wisatawan yang berlibur ke negara kita," kata Wayan.

Guna merayu calon wisatawan asal Singapura, Kemenpar dan Garuda memboyong 10 industri pariwisata Indonesia. Kemenpar juga menggandeng CitiBank untuk memudahkan calon wisatawan dalam bertransaksi.

Selain itu, berbagai treatment khusus juga ikut dipersiapkan untuk memaksimalkan program, seperti Coffee and Refreshment, Demo Batik, hingga Kids Zone. Kemenpar dan Garuda juga mengundang para blogger Negeri Singa untuk hadir dalam Blogger Talkshow. 

"Kita juga siapkan berbagai souvenir menarik untuk para calon wisatawan, sehingga bisa dipastikan Wonderful Indonesia GATF ini dapat diikuti semua kalangan. Bahkan sangat family friendly," ujar Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Ni Wayan Giri Adnyani, didampingi Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar, Masruroh.

Masruroh menambahkan, pihak penyelenggara memilih Suntec City Mall sebagai lokasi Wonderful Indonesia GATF karena lokasinya sangat strategis. Selain itu, mall ini juga menjadi semacam terminal khusus untuk bis-bis wisata double decker duck and hypo bus city tour.

"Suntec City Mall merupakan mall yang sangat ramai. Selalu menjadi pilihan bagi para warga Singapura dan wisatawan dari manapun. Makanya kami menggelar Wonderful Indonesia GATF di mall ini," ucapnya.

Sementara itu, Arief Yahya mengatakan bahwa memperkenalkan direct flight ke Belitung dan melakukan promosi destinasi wisata Indonesia melalui pameran di Singapura merupakan pilihan yang pas. Pasalnya, Singapura merupakan hub internasional yang memungkinkan wisatawan dari negara lain terbang ke Indonesia. Terlebih lagi, jarak Singapura - Tanjungpandan hanya memakan waktu satu jam penerbangan.

"Destinasi Bangka Belitung itu luar biasa. Siapa sih yang tidak tahu keindahan Negeri Laskar Pelangi ini? Baharinya oke. Pantai-pantainya berpasir putih dengan berbagai batuan granit besar hingga batuan beku yang tersebar merata. Apalagi bawah lautnya. Sudah pasti keren. Ini yang dapat kita jual ke wisatawan Singapura. Mereka pun jadi punya pilihan destinasi yang lebih beragam," kata dia.

Arief menambahkan, saat ini Negeri Laskar Pelangi tersebut telah menjadi satu dari 10 destinasi prioritas. Benchmark-nya, pembangunannya akan menyaingi Phuket Thailand atau Langkawi Malaysia.

"Belitung sekarang keren. Kawasan wisata dengan jumlah kunjungan yang besar, destinasi yang tertata rapi berkelas internasional, terawat indah sustainable, dan masyarakat yang semakin sejahtera oleh pariwisata. Ini yang harus terwujud," pungkas Menteri asal Banyuwangi itu.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.