Sukses

Cara Menghilangkan Komedo Hanya dengan 1 Minyak Alami Tanpa Clay Mask

Komedo adalah salah satu masalah wajah yang sering mengganggu penampilan. Di bawah ini terdapat cara menghilangkan komedo secara alami. Yuk simak!

Liputan6.com, Jakarta Komedo seringkali menjadi masalah kulit yang membuat banyak orang merasa tidak nyaman dengan penampilan wajah. Meskipun ada banyak produk perawatan kulit yang dapat menghilangkan komedo, beberapa orang mungkin mencari solusi yang lebih alami dan ramah kulit.

Salah satu solusi yang sedang populer adalah menggunakan minyak alami untuk membersihkan dan mengurangi komedo tanpa harus menggunakan clay mask atau produk kimia lainnya.

Dengan penggunaan yang teratur, penggunaan minyak alami dapat membantu mengurangi komedo dan meningkatkan kondisi kulit secara keseluruhan. Selain itu, tidak perlu khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan.

Simak dan ikuti cara menghilangkan komedo secara alami di bawah ini, yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (30/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Cara Alami Mengatasi Komedo

Ada berbagai cara untuk mengatasi komedo hitam, mulai dari perawatan di klinik kecantikan hingga menggunakan clay mask. Namun, terdapat juga cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah komedo. 

Salah satu cara yang dibagikan oleh seorang beauty vlogger dengan akun Instagram @bronzedandbouje adalah menggunakan petroleum jelly. Melalui unggahan reels di akun pribadinya, ia menunjukkan penggunaan petroleum jelly sebagai solusi untuk mengatasi komedo.

Petroleum jelly adalah sebuah bahan oklusif berupa minyak dan membentuk lapisan pelindung di permukaan kulit untuk mencegah hilangnya kelembaban. Sifat ini membuatnya efektif dalam mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk komedo. 

Penggunaan petroleum jelly dapat membantu melembutkan area kulit yang kasar, termasuk di sekitar komedo. Selain itu, kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung lebih mampu melawan iritasi dan peradangan yang dapat memperburuk kondisi komedo. Oleh karena itu, penggunaan petroleum jelly membantu dalam memperbaiki dan menjaga penghalang kulit.

3 dari 9 halaman

Cara Menggunakan Petroleum Jelly untuk Menghilangkan Komedo

Ada beberapa alat yang perlu disiapkan sebelum penggunaan petroleum jelly, yaitu siapkan petroleum jelly, jepitan rambut lidi, dan wrapping film atau plastik penutup makanan.

Setelah semua bahan dan alat tersedia, ikuti beberapa langkah berikut:

Bersihkan wajah dengan facial washOleskan petroleum jelly pada hidung dan dagu secukupnyaTutup hidung dan dagu yang telah dioleskan menggunakan wraping filmUsap hidung dan dagu menggunakan handuk yang telah direndam dengan air panasUsapkan penjepit rambut untuk mengangkat komedoDengan menggunakan cara tersebut, komedo dapat terangkat dan hilang

4 dari 9 halaman

Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Komedo

Tidak hanya petroleum jelly, ada beberapa bahan alami lain yang dapat digunakan untuk mengatasi komedo. Salah satunya adalah tea tree oil, yang memiliki sifat antibakteri dan anti inflamasi yang dapat membantu memerangi komedo dengan membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan.

Selain tea tree oil, madu juga dapat menjadi pilihan untuk menghilangkan komedo. Madu memiliki sifat antibakteri dan humektan yang dapat membersihkan pori-pori dan menjaga kelembaban kulit. 

Selain itu, lidah buaya juga dapat menjadi solusi dengan sifat anti inflamasi yang membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan masalah kulit lainnya. Dengan menggunakan bahan-bahan alami ini, dapat mengatasi komedo tanpa perlu menggunakan clay mask atau produk perawatan kulit yang berbahan kimia.

5 dari 9 halaman

Apakah Air Garam Bisa Menghilangkan Komedo?

Secara teratur melakukan eksfoliasi wajah dengan menggunakan air garam akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kelebihan minyak. Dengan demikian, pembentukan komedo dapat diminimalkan.

6 dari 9 halaman

Apa Penyebab Banyak Komedo?

Pola makan yang kurang sehat, seperti konsumsi yang tinggi akan gula, tepung, dan keju. Pertumbuhan bakteri yang lebih banyak di kulit disebabkan oleh kurangnya kebersihan kulit atau penurunan sistem kekebalan tubuh. Porositas kulit teriritasi, seperti yang disebabkan oleh cuci muka yang kasar, serta efek samping dari penggunaan produk peeling atau perawatan dengan sinar laser.

7 dari 9 halaman

Apakah Odol Dicampur Garam Bisa Menghilangkan Komedo?

Campuran garam dengan pasta gigi adalah solusi cepat untuk mengatasi jerawat (komedo). Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi pada area yang berjerawat di wajah, lalu gosok perlahan dengan garam menggunakan gerakan naik turun. Metode ini tidak hanya membantu menghilangkan jerawat, tetapi juga mengurangi kulit kering.

8 dari 9 halaman

Apa yang Terjadi Jika Komedo Dibiarkan?

Campuran antara garam dan pasta gigi merupakan cara yang efektif untuk cepat menghilangkan jerawat (komedo). Anda dapat mengaplikasikan campuran ini langsung ke area kulit wajah yang berjerawat, lalu pijat secara lembut dengan garam, menggerakkannya dengan gerakan naik-turun. Tindakan ini tidak hanya membantu mengurangi jerawat, tetapi juga mengatasi masalah kulit kering.

9 dari 9 halaman

Kulit Wajah Berkomedo Termasuk Jenis Kulit Apa?

Tanda-tanda kulit yang cenderung berminyak meliputi pori-pori yang melebar, kulit yang terlihat kusam atau mengilap, tebal, berkomedo, berjerawat, serta berbintik. Individu yang memiliki jenis kulit ini perlu menyelidiki faktor penyebabnya. Seringkali, kulit sensitif dapat dipicu oleh penggunaan produk perawatan kulit seperti sabun mandi, deterjen, kosmetik mata, dan pelembap kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.