Sukses

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Menghitam dengan Campuran Bahan Dapur

Karang gigi dapat mengganggu penampilan dan berdampak negatif pada kesehatan mulut. Berikut cara menghilangkan karang gigi yang menghitam.

Liputan6.com, Jakarta Karang gigi yang menghitam merupakan masalah umum yang dapat mempengaruhi penampilan dan kesehatan mulut seseorang. Banyak orang merasa tidak percaya diri saat tersenyum karena adanya karang gigi yang terlihat mencolok. 

Selain itu, karang gigi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut seperti radang gusi, bau mulut, dan bahkan kerusakan gigi lebih lanjut. Untungnya, ada cara sederhana dan efektif yang dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur.

Menghilangkan karang gigi dengan bahan dapur tidak hanya praktis, tetapi juga ramah di kantong. Penggunaan bahan alami ini juga mengurangi risiko efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh produk pembersih gigi kimiawi. 

Yuk simak cara menghilangkan karang gigi yang menghitam berikut ini, yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (30/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Baking Soda Bisa Mengatasi Bau Mulut

Kandungan alkali dalam baking soda berperan dalam menetralkan pH mulut yang terlalu asam. Lingkungan mulut yang asam dapat mendorong pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. 

Selain itu, sifat antimikroba baking soda membantu membunuh bakteri tersebut. Karena memiliki sifat abrasif yang lembut, baking soda juga efektif menghilangkan bakteri. 

Meski banyak manfaatnya untuk kesehatan mulut dan gigi, penggunaan baking soda tidak boleh terlalu sering agar tidak menyebabkan efek abrasif yang berlebihan. Dengan mengombinasikan pasta gigi dan baking soda, gigi dapat menjadi lebih putih.

3 dari 9 halaman

Bahan-bahan untuk Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda

Ada banyak cara untuk menghilangkan karang gigi dan masalah mulut lainnya, salah satu cari yang praktis adalah dengan menggunakan baking soda. Bahan yang perlu disiapkan adalah 1 sendok makan baking soda, 2 sendok makan air putih, dan 1 sendok makan pasta gigi.

Setelah semua bahan sudah siap, masukkan baking soda, air putih, dan pasta gigi ke dalam mangkuk. Kemudian aduk semua bahan sampai tercampur rata. Ketika campuran bahan sudah rata, ramuan pasta gigi sudah siap digunakan.

4 dari 9 halaman

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda

Setelah ramuan pasta gigi sudah siap digunakan, ikuti langkah-langkah cara menggunakannya berikut ini:

  1. Ambil sikat gigi dan masukkan ke dalam mangkuk ramuan
  2. Gunakan ramuan pasta gigi secukupnya
  3. Menyikat gigi selama satu menit

Dengan menggunakan cara tersebut, karang gigi yang menghitam bisa hilang dan bisa memutihkan gigi. Jika dirasa belum cukup untuk menghilangkan karang gigi, cara ini bisa dilakukan secara rutin.

5 dari 9 halaman

Merontokan Karang Gigi Pakai Apa?

Menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras memerlukan prosedur khusus dari dokter gigi, yang dikenal sebagai scaling gigi. Scaling gigi dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut ultrasonic scaler, yang berfungsi untuk membersihkan karang gigi yang menempel di antara gigi dan sepanjang garis gusi.

6 dari 9 halaman

Apa yang Membuat Karang Gigi Lepas Sendiri?

Penyebab karang gigi terlepas dengan sendirinya adalah kondisi rongga mulut yang sangat kotor dan gigi yang sudah rapuh akibat kurangnya perawatan kebersihan. Seringkali, yang terlepas sebenarnya bukanlah karang gigi, melainkan serpihan gigi itu sendiri.

7 dari 9 halaman

Apakah Berkumur dengan Air Garam Bisa Merontokan Karang Gigi?

Garam dapur dikenal sebagai bahan alami untuk menghilangkan karang gigi. Caranya, campurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah garam larut, gunakan larutan ini untuk berkumur, fokuskan terutama pada area yang terdapat karang gigi selama satu menit. Ulangi proses ini tiga kali sehari.

8 dari 9 halaman

Apa Efek dari Karang Gigi?

Karang gigi dapat menyebabkan beberapa masalah, antara lain: terbentuknya lapisan kotoran keras berwarna kuning atau kecokelatan di sepanjang garis gusi, permukaan gigi yang terasa kasar, dan munculnya bau mulut.

9 dari 9 halaman

Apa Bedanya Karang Gigi dan Plak Gigi?

Karang gigi pada dasarnya adalah plak yang telah menebal dan mengeras. Biasanya, karang gigi terbentuk di atas garis gusi, terutama di bagian dalam gigi depan bawah. Berbeda dengan plak yang biasanya tidak berwarna, karang gigi umumnya memiliki warna kecokelatan atau bahkan kehitaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.