Sukses

Serba-Serbi Buah Apel, dari Cara Memilih Sampai Menyimpannya

Liputan6.com, Jakarta Apel yang umumnya berkulit merah tidak selamanya memiliki tampilan bagus. Pasti Anda menemukan satu atau dua apel yang terlihat kurang bagus.

Ini membuktikan bahwa banyak orang hanya tahu tentang buah apel saja, kemudian membelinya lalu menyimpannya di kulkas. Tapi apakah Anda tahu bagaimana cara memilih apel yang bagus di supermarket?

Dilansir dari self.com, Senin (17/9/208) berikut ini adalah tips dalam memilih apel yang baik setiap waktu disertai kandungan dan varietas yang perlu diketahui. 

2 dari 4 halaman

Varietas Apel

1. Jika Anda mencari apel untuk camilan, piilihlah Fuji, Honeycrisp, atau Granny Smith. Sebab teksturnya yang lebih keras mampu mempertahankan kualitas dan mencegah kerusakan lebih lama. Jadi jika Anda tidak ingin apel di pai apel beralih ke bubur, pilih salah satu diantaranya. 

2. Varietas yang lebih lembut, seperti Red Delicious, Golden Delicious, atau Gala, sulit bertahan. Jenis apel ini bisa dimasak menjadi saus apel, mentega apel, atau apel lainnya di mana apel lembek dianggap lebih baik dibanding yang keras. 

3 dari 4 halaman

Cara Memilih Apel

Pertama, Anda perlu mencari apel yang terlihat tidak memiliki bintik-bintik datar. Karena itu adalah memar dalam pembuatannya dan tanpa tusukan. Hal ini dapat menyebabkan apel tersebut membusuk lebih cepat daripada biasanya.

Setelah itu, gunakan tangan Anda untuk meraba dan merasakan apakah teksturnya keras atau lembek? Ini sesuai dengan bagaimana apel itu ingin disajikan. 

Kebiasaan dari apel yang renyah atau lembek ini terlihat hampir sama dengan apel segar yang sering Anda pilih. Jadi berhati-hatilah. Kemudian, pilihlah yang ada kerutan di bagian kulit apel tersebut. 

Setelah melakukan tahapan di atas, artinya apel Anda sudah siap dimasukan keranjang belanjaan untuk dibeli. Terakhir, Simpan apel Anda di kulkas agar tetap segar selama mungkin.

4 dari 4 halaman

Kandungan Pada Apel

Nah, Apa saja kandungan pada apel sebenarnya?

Apel mengeluarkan banyak etilena berupa gas yang menyebabkan buah matang dan akhirnya membusuk.

Gas yang dikeluarkan oleh apel begitu banyak sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk mematangkan buah-buahan dan sayuran lain, seperti alpukat, dengan menempatkannya dalam kantong kertas bersama-sama.

Cara terbaik untuk mempertahankannya adalah dengan menyimpannya di kulkas. Hal ini akan mengurangi jumlah gas yang diproduksi, dan akan membantu apel bertahan lebih lama.

 

(Mariany)

Peninsula, Sekuel Film Train To Busan Rilis Trailer Menegangkan
Loading