Sukses

4 Ramuan Minyak Alami untuk Atasi Rambut Rontok, Kusam, dan Tipis

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok ternyata juga dipengaruhi pencemaran lingkungan dan faktor gaya hidup. Untuk mengatasi hal ini, banyak orang mencoba beberapa produk perawatan rambut yang menjanjikan janji akurat 100 persen. Sayangnya sebagian besar produk tersebut justru gagal memberikan hasil yang diinginkan.

Mengapa zaman dulu, nenek kita memiliki rambut tebal dan berkilau? Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana mereka memilikinya? Sebagian besar adalah mengolesi minyak. Tidak hanya dapat mengendalikan rambut rontok, minyakjuga dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Seperti melansir dari Boldsky, Jumat (7/9/2018), berikut ini adalah beberapa solusi minyak alami yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut serta memberikan hasil sesuai yang diinginkan jika digunakan secara teratur.

2 dari 3 halaman

1. Minyak Kamper, Minyak Zaitun, dan Minyak Jarak

Kamper adalah sumber antioksidan dan memiliki sifat antiseptik. Ini membantu menyuburkan rambut dengan memperkuat akar dan membuatnya menjadi lebih tebal. Anda harus mencampurkan minyak kapur barus dengan minyak zaitun dan minyak jarak. Lalu, pijat lembut ke kulit kepala dan rambut dengan bantuan ujung jari. Mulai dari akar rambut lalu merambat ke ujung rambut. Biarkan selama satu jam, lalu bersihkan dengan sampo dalam air biasa.

2. Amla Dan Minyak Zaitun

Kaya vitamin C, amla atau gooseberry India adalah sesuatu yang bekerja efektif dalam meningkatkan pertumbuhan rambut dengan memperkuat lapisan rambut. Pertama, ambil beberapa potongan amla kering dan tambahkan ke dalam minyak zaitun. Rebus selama beberapa waktu dan simpan dalam botol semprot. Simpan campuran ini selama seminggu dan gunakan minyak ini untuk memijat rambut Anda kapan saja.

3. Daun Kari dan Minyak Kelapa

Daun Kari banyak digunakan oleh orang India untuk menambahkan rasa autentik ke piring. Ambil segenggam daun kari segar dan keringkan di bawah sinar matahari selama minimal 2 hari. Kemudian, didihkan dengan minyak zaitun dan biarkan meresap. Anda dapat menyimpan dalam wadah kedap udara. Pijat minyak dengan lembut di kulit kepala dan rambut. Kemudian biarkan selama 30 menit hingga satu jam lalu bilas.

3 dari 3 halaman

4. Biji Kalonji dan Minyak Kelapa

Biji Kalonji adalah bahan alami lain yang membantu dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini mengandung Vitamin A, B dan C bersama dengan asam lemak lain yang membantu dalam mendapatkan rambut sehat dan berkilau.

Pertama, menggiling biji kalonji untuk membuat bubuk halus. Tambahkan ke dalam minyak kelapa dan simpan selama 2-3 hari. Anda bisa menghangatkan sebagian minyak ini sebelum memijatnya di rambut dan kulit kepala. Gunakan sampo ringan bebas sulfat untuk mencucinya

 

(Mariany)

BERANI BERUBAH: Bertani di Atas Masjid