Sukses

5 Tahun Setop, SIA Buka Lagi Penerbangan Legendaris ke New York Nonstop

Liputan6.com, Jakarta Singapore Airlines (SIA) kembali meluncurkan penerbangan Singapura-New York sekaligus jadi yang terpanjang di dunia akhir Oktober 2018. Rute ini sempat disetop pada tahun 2013 karena usia pesawat sudah tujuh tahun.

Kini Singapore Airlines kembali melayani penerbangan nonstop Singapura-New York menggunakan Airbus A350-900 ULR (ultra-long-race) paling gres. Dengan penerbangan tanpa transit ini, kita bisa menghemat waktu perjalanan kurang lebih lima jam.

"Setelah menunggu sejak 2013 akhirnya SIA jadi yang pertama beli produk Airbus terbaru ini. Biasanya ke New York 24-25 jam menjadi 18 jam 45 menit. Hemat sampai 5 jam," ujar Manager Public Relations Singapore Airlines Glory Henriette saat berbincang dengan liputan6.com di Gandaria City, Jumat (11/8/2018).

Jika dalam rute penerbangan nonstop sebelumnya tidak tersedia kelas ekonomi, kini pesawat dikonfigurasi dengan dua kelas. Sebanyak 67 kursi untuk Business Class dan 94 kursi Premium Economy Class.

2 dari 3 halaman

Lebih nyaman dan Lebih canggih

 

"Sebelumnya tidak ada kelas ekonomi tapi selalu penuh. Sekarang kami sediakan Premium Economy Class, di atasnya ekonomi karena memang lebih canggih dan nyaman," lanjut Glory Henriette.

Penerbangan dengan jarak tempuh 16.700 km diklaim menjadi lebih nyaman dengan dengan kursi ergonomis yang disesuaikan dengan kontur tubuh. Serta jendela yang lebih besar dengan sistem buka-tutup otomatis.

"Desain kursi ergonomis bikin enggak mudah capek. Bisa lihat pemandangan dengan jendela yang lebih besar. Nanti jendela akan mengatur sendiri buka-tutupnya saat cahaya datang. Dan lighting yang dibikin anti-jetlag," jelasnya lagi.

Selain itu, A350-900 ULR juga mempunyai langit-langit yang lebih tinggi, badan pesawat lebih lebar, dan struktur mekanis pesawat yang terbuat dari komposit karbon menghasilkan kualitas udara lebih baik. Sebab ketinggian kabin dan tingkat lembapan membuatnya lebih optimal.

3 dari 3 halaman

Jadwal Terbang

Penerbangan akan diluncurkan pada 11 Oktober 2018 menuju Bandara Internasional Newark Liberty. Rencananya rute ini menyediakan tiga kali penerbangan dalam seminggu.

Berangkat setiap hari Senin, Kamis, dan Sabtu. Layanan penerbangan harian akan dimulai pada 18 Oktober setelah pesawat A350-900 ULR ditambahkan dalam jaringan layanan penerbangan.

Tiket mulai tersedia untuk dijual progresif di berbagai pemesanan mulai 31 Mei 2018. Anda juga bisa memesannya di Singapore Airlines-BCA Travel Fair yang berlangsung hingga Minggu (12/8/2018).

Untuk diketahui, SIA pernah melayani rute Singapura-Newark hingga tahun 2013. Layanan tersebut ditangguhkan setelah pesawat digunakan selama tujuh tahun, Airbus A340-500s dikembalikan ke Airbus.

"Singapore Airlines bangga dapat selalu berinovasi untuk kenyamanan perjalanan terbaik. Kami senang jadi maskapai terdepan dengan teknologi terbaru," tutup CEO Singapore Airlines Mr Goh Choon Phong.

Artikel Selanjutnya
Polisi Ringkus Perampok Turis Singapura di Pekanbaru dalam 4 Hari
Artikel Selanjutnya
Belasungkawa Presiden Singapura untuk Korban Gempa Lombok