Sukses

Meriahkan HUT Jakarta, Ondel-Ondel Main Sepak Bola di Ancol

Liputan6.com, Jakarta Memeriahkan HUT ke-491 Kota Jakarta, Ancol Taman Impian punya beragam acara menarik, salah satunya adalah rangkaian acara bertemakan budaya Betawi. Mulai dari Kampung Budaya Betawi hingga parade ondel-ondel yang bakal digelar di kawasan pantai Ancol. Mengusung tema besar "Explore Ondel-Ondel", parade ini melibatkan lebih dari 100 seniman, termasuk para pemain tanjidor, palang pintu, pencak silat, hingga lenong. 

Di akhir parade ditutup dengan aneka lomba antar ondel-ondel seperti sepak bola ondel-ondel dan ondel-ondel memindahkan bola serta flash mob tarian betawi. Dilanjutkan dengan tribute Benyamin Sueb oleh grup band Biang Kerok di panggung terapung (floating stage) di Pantai Lagoon Ancol. Acara ini digelar pada 23 Juni 2018, mulai pukul 14.00 WIB sampai 18.00 WIB.

2 dari 3 halaman

Pelestarian Budaya

Paul Tehusijarana, Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol menurut informasi yang diterima Liputan6.com mengatakan, hadirnya acara ini agar masyarakat Jakarta mengenal lebih dekat budaya aslinya sehingga jadi tahu dan menambah rasa cinta dengan budaya terdebut.

Seperti diketahui bersama bahwa Manajemen Ancol selalu menghadirkan konten-konten budaya Nusantara sebagai bagian dari hiburan yang diberikan kepada pengunjung. Mulai dari budaya Bali, Minangkabau dan kini budaya Betawi yang merupakan budaya asli Jakarta diperkenalkan kepada pengunjung. Tentunya dengan harapan pengunjung dapat mengenal dan mempelajari budaya di nusantara dengan cara yang unik dan menyenangkan.

"Sebagai kawasan wisata yang berbasis edukasi, Ancol memiliki kewajiban untuk menumbuhkan rasa Bhineka Tunggal Ika kepada masyarakat, dengan harapan tetap masyarakat tetap solid dengan keberagaman latar belakang budayanya", tambah Paul.

 

3 dari 3 halaman

Pertama Kali Digelar

Explore Ondel-Ondel ini baru pertama kali digelar dikawasan pantai Ancol, tidak hanya itu konten budaya Betawi juga hadir di Pasar Seni Ancol dengan konsep Kampung Budaya Betawi. Jadi jangan sampai ketinggalan ya, saksikan explore ondel-ondel di Ancol Taman Impian.

Kuliner Malam Jumat: Menyantap Kelezatan 40 Lauk di Nasi Kapau Uni Upik

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
Frances Caitlin Tirtaguna Garap Novel Budaya Betawi Berkat Ondel-Ondel