Sukses

Barang yang Wajib Dibawa Ketika Mudik Lebaran dengan Anak-anak

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman bersama anak-anak bisa menjadi ujian bagi orangtua. Sifat anak-anak yang mudah bosan dan tidak suka terkurung lama di dalam mobil bisa menjadi kesulitan tersendiri bagi orangtua.

Seberapa lama mereka dapat membuat anak-anak sibuk di mobil sebelum anak-anak mencapai titik kebosanan, atau lebih tepatnya, titik tantrum mereka. Para orangtua disarankan memiliki kiat dan trik untuk membuat anak-anak sibuk selama dalam perjalanan mudik. Mereka juga diharapkan membawa barang-barang penting lainnya untuk selalu ada di mobil dalam keadaan darurat sebagai berikut:

Bawalah tisu secukupnya

Bahkan jika anak-anak Anda bukan bayi lagi, stok tisu harus tersedia di mobil. Barang ini sangat berguna untuk membersihkan apapun seperti tumpahan minuman, remah-remah makanan yang tercecer, mengelap keringat anak-anak, juga untuk berjaga-jaga jika anak muntah. Selain tisu kering, bawalah juga tisu basah.

Camilan 

Membawa camilan adalah suatu keharusan. Bawalah camilan dan snack yang sederhana dan minim risiko berantakan, misalnya camilan kemasan, susu kotak, atau potongan buah-buahan. Anda bisa mengemas camilan dan membaginya sesuai jumlah anak Anda. Dengan cara itu setiap anak dapat mengambil jatah mereka sendiri tanpa berebutan saat perjalanan mudik. Jangan lupa juga untuk membawa minuman secukupnya.

 

2 dari 3 halaman

Bawa mainan

Bawalah sekantong mainan untuk masing-masing anak yang bisa mereka gunakan selama perjalanan, seperti boneka, mobil-mobilan, robot, dan lain-lain. Bawa juga majalah anak-anak, buku mewarnai, dan kertas untuk menggambar. Anda juga bisa memberikan ponsel atau tablet untuk anak Anda agar mereka bisa bermain game.

Sediakan obat-obatan

Tentu kita tidak ingin anak-anak sakit atau terluka. Namun untuk berjaga-jaga, sediakan obat-obatan seperti obat penurun panas, obat batuk, obat magh, dan lain-lain. Sediakan juga plester luka, minyak kayu putih dan minyak aromateraphy.

 

3 dari 3 halaman

Sediakan kantong plastik

Perjalanan panjang bisa menyebabkan mabuk perjalanan bagi anak-anak. Jadi sediakan kantong plasti jika sewaktu-waktu anak Anda muntah.

Ana Fauziyah

Artikel Selanjutnya
5 Cara Agar Mudik Lebaran Bersama Anak Jadi Lebih Berkesan
Artikel Selanjutnya
Tips Agar Tidak Mudah Pusing dan Masuk Angin Saat Bepergian