Sukses

Tips agar Ibadah Puasa dan Pekerjaan di Kantor Tetap Lancar Selama Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa, biasanya memperbanyak kegiatan ibadah menjadi resolusi banyak orang muslim dalam mengisi hari-hari selama Ramadan. Bagi Anda yang harus bekerja dan telah disibukkan dengan urusan pekerjaan dan kantor sehari-harinya, menambah porsi ibadah di sela-sela kesibukan pasti menjadi tantangan tersendiri.

Agar momen Ramadan tidak terbuang sia-sia, manfatkan setiap waktu Anda secara maksimal agar porsi ibadah meningkat namun tidak sampai mengganggu pekerjaan Anda di kantor. Berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan.

Tidak tidur setelah sahur dan setelah salat shubuh

Setelah sahur dan salat shubuh biasanya rawan godaan untuk kembali tidur. Daripada tidur atau menonton acara sahur di televisi, Anda bisa memanfaatkan waktu setelah sahur untuk melakukan sholat tahajud. Anda juga bisa melawan godaan untuk tidur dengan membaca Al-Quran sambil menunggu salat shubuh. Setelah salat shubuh hendaknya jangan kembali tidur. Anda bisa melakukan olahraga ringan atau mempersiapkan tugas-tugas yang nantinya akan dikerjakan di kantor.

Manfaatkan perjalanan ke kantor

Waktu perjalanan ke kantor harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jarak yang lumayan jauh ditambah kemacetan biasanya membuat Anda berada di jalanan paling tidak satu jam. Jika Anda berada di angkutan umum dan memungkinkan, manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk membaca Al-Quran. Jika tidak memungkinkan membaca Al-quran, Anda bisa berzikir dengan banyak membaca tasbih atau istigfar.

 

2 dari 3 halaman

Pulang tepat waktu

Sehabis jam kerja, segeralah pulang ke rumah untuk menyantap hidangan berbuka puasa bersama keluarga. Momen ini akan merekatkan hubungan Anda dengan keluarga. Jangan membawa pekerjaan kantor ke rumah, berkumpullah dengan keluarga semaksimal mungkin. Ajak keluarga untuk pergi sholat tarawih bersama-sama dan tadarus Al-Quran bersama-sama. Jadikan Ramadan sebagai momen untuk mengikat hati antara Anda dengan anggota keluarga.

 

3 dari 3 halaman

Tidur lebih awal

Pergilah tidur labih awal agar tubuh Anda dapat cukup beristirahat. Waktu istirahat yang cukup akan membuat tubuh Anda kembali bugar dan siap kembali untuk menjalani hari selanjutnya. Tidur lebih awal juga membantu Anda lebih mudah bangun saat nanti sahur dan meminimalkan kondisi lelah dan mengantuk saat di kantor. Istirahat yang cukup juga membantu Anda untuk tetap fokus pada pekerjaan meskipun harus berpuasa.

Ana Fauziyah

Artikel Selanjutnya
Belum Berpuasa, Anak-Anak Oki Setiana Dewi Semangat Ikut Tarawih
Artikel Selanjutnya
Bjah: Apa yang Saya Kerjakan Hancur Lebur Berantakan