Sukses

Tren Kampung Warna-Warni di Indonesia, Ada di Mana Saja?

Tren kampung warna-warni kian menjamur di Indonesia. Tak hanya ada di Malang, kampung warna-warni juga ditemukan di tempat lain.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya pakaian atau makanan, tempat wisata pun punya tren tersendiri dan berubah-ubah tiap waktunya. Kalau sebelumnya destinasi traveling yang hits di Indonesia berhubungan dengan wisata alam seperti hutan pinus atau bukit, sepertinya kini beralih jadi kampung warna-warni.

Konsep unik menyulap permukiman kumuh jadi tempat cantik berwarna-warni ini terinspirasi dari Desa Riomaggiore, Italia. Kemudian Malang mengadopsi konsep ini dan menjadi kampung warna-warni pertama yang ada di Indonesia.

Melihat keberhasilan kampung warna-warni menjadi destinasi wisata baru, kini konsep tempat wisata serupa mulai menjamur di kota-kota lain, seperti Semarang, Palembang, dan Yogyakarta.

Anda mungkin berminat untuk mengunjungi semua kampung warna-warni yang ada di Indonesia. Berikut daftar lokasinya seperti yang disusun tim Reservasi, Selasa (31/5/2017).

1. Kampung Jodipan, Malang

 

A post shared by Nonie Idris (@nonie_0101) on

Bisa dibilang Kampung Jodipan ini adalah pencetus dari hadirnya Kota Pelangi di Indonesia. Tempat ini dulunya adalah permukiman kumuh yang berada di area bantaran Sungai Brantas, Malang, Jawa Timur. Namun, atas usaha keras pemerintah, kawasan ini sekarang justru jadi incaran para pemburu swafoto karena tempatnya yang "instagramable".

2. Kampung Tridi, Malang

 

A post shared by Kampung Tridi Malang (@kampung_tridi) on

Tak jauh dari Kampung Jodipan, hadir Kampung Tridi yang berada di Kelurahan Kesatrian, Malang, Jawa Timur. Nama Tridi diambil dari istilah 3D karena selain dihias dengan cat berwarna-warni, tempat ini pun dipercantik dengan kehadiran mural tiga dimensi.

3. Kampung Code, Yogyakarta

 

A post shared by instagram areajogja (@areajogja) on

Destinasi wisata selfie Yogyakarta tak hanya di daerah Dlingo atau Kulon Progo. Mampirlah ke Kampung Code. Kampung pinggir kali yang dulunya kumuh itu kini sudah berubah wujud menjadi tempat yang ciamik dan hits.Tak heran kalau setiap akhir pekan kampung ini akan ramai didatangi traveler.

4. Kampung Pelangi, Semarang

 

A post shared by Uniart Store (@uniartstore) on

Meski bukan menjadi kampung warna-warni pertama di Indonesia, Kampung Pelangi Semarang cukup fenomenal karena mendapat sorotan beberapa media asing. Keberhasilan pemerintah daerah menyulap tempat kumuh ini jadi cantik jelita mendapatkan apresiasi besar dari warganet. Banyak spot foto seru yang bisa Anda temukan saat berlibur ke sana.

5.  Palembang Bercorak, Palembang

sumber : youtube.com

Kalau yang satu ini terhitung masih sangat baru. Jelang Asian Games, Pemkot Palembang terus memperindah kota yang terkenal dengan kuliner empek-empeknya ini, dengan menghadirkan atraksi wisata baru. Palembang Bercorak atau "Kampoeng Warno-Warni" memiliki konsep yang sama dengan tempat-tempat sebelumnya. Sekitar 1.000 rumah di pinggir Sungai Musi dicat dinding dan atapnya dengan beraneka macam warna.

6. Kampung Warna-Warni Teluk Seribu, Balikpapan

 

A post shared by Icha Zhara (@icha.zhara) on

Kampung Warna-Warni Teluk Seribu merupakan pintu masuk menuju Sungai Manggar. Tempat ini memang dikenal sebagai destinasi wisata hutan bakau. Sebelum menjelajahi pemandangan cantik yang ada di sana, Anda harus melewati gang Kampung Warna-Warni Teluk Seribu.  Banyak sekali lukisan menarik dan ciamik di sana. Kalau Anda punya hobi berswafoto ria, pasti akan betah berlama-lama di sini!

Kunjungi semua destinasi kampung warna-warni ini saat liburan nanti. Liburan akan makin seru kalau beli tiket pesawat murah di Reservasi.com. Banyak diskon menarik hingga Rp 1 juta setiap harinya di sini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.