Sukses

Bahaya, Pikir Dua Kali Sebelum Pakai WiFi Gratis di Bandara

Pakai WiFi di bandara punya risiko dan ancaman tersembunyi, apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat saat ini, koneksi internet telah menjadi bagian yang tak terpisahkan, terlebih saat traveling. Terkadang jika ada koneksi internet gratis, tanpa pikir panjang Anda langsung mengakses melalui WiFi gratis yang tersedia terutama di bandara saat menunggu keberangkatan pesawat.

Namun demikian, pikir dua kali sebelum memakai WiFi gratis di bandara, mengingat ada ancaman yang selalu mengintai, terutama dalam penyalahgunaan data-data pribadi saat Anda mengakses WiFi gratis. Pasalnya segala aktivitas Anda akan terekam saat menggunakan WiFi gratis. Seperti diberitakan news.com.au, Selasa (20/9/2016) berikut beberapa ancaman yang harus Anda pahami sebelum menggunakan WiFi gratis. 

1. WiFi gratis tidak ada jaminan keamanan

Tak ada yang bisa menjamin keamanan koneksi dari sebuah Wi-Fi gratis. Karena semua orang bisa mengakses dengan mudah. Ancaman yang nyata adalah pencurian data-data pribadi oleh peretas ketika Anda mulai masuk menggunakan WiFi gratis.

2. WiFi gratis sangat rentan diretas

Koneksi gratis nirkabel sangat rentan diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan perangkat lunak tertentu. Saat gawai Anda terkoneksi, peretas akan dengan mudah mengambil data-data dari ponsel, tablet bahkan laptop yang terkoneksi ke WiFi gratis.

3. Peretas bisa mengetahui semua informasi Anda

Dengan perangkat lunak yang disematkan dalam WiFi, seorang peretas bisa menggali semua informasi pengguna WiFi gratis dengan cara yang sangat mudah. Tak perlu heran jika mereka bisa mengenal tanggal lahir hingga tempat tinggal Anda saat data Anda berhasil diambil.

4. Peretas bisa menyalahgunakan data histori

Setiap histori dalam WiFi akan tercatat dengan mudah. Terutama jika Anda mengakses transaksi perbankan atau penggunaan kartu kredit saat menggunakan WiFi gratis. Pahami bahwa koneksi gratis tidak aman untuk digunakan untuk bertransaksi secara virtual bahkan untuk mengecek email sekalipun.

5. Semua data bisa dicuri

Data-data dalam ponsel bahkan aplikasi apa saja yang Anda gunakan bisa ditelusuri saat Anda masuk ke WiFi gratis. Tidak ada jaminan data-data Anda akan aman. Tentu saja ancaman lain seperti penggunaan kartu kredit tanpa sepengetahuan Anda, bisa menjadi ancaman paling serius.

Pastikan koneksi internet Anda aman dan hindari melakukan transaksi perbankan dengan menggunakan WiFi gratisan. Pastikan juga Anda menggunakan koneksi dari penyedia telekomunikasi yang Anda gunakan secara langsung ketika memesan tiket pesawat di Reservasi.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini