Sukses

Baca di Sini, Arti Tepat dari Simbol Perawatan Baju

Liputan6.com, Jakarta Mencuci baju adalah satu proses penting untuk merawat baju tahan lama. Apalagi jika baju yang Anda miliki spesial dengan harga yang tidak murah, pasti butuh perhatian khusus agar tidak cepat rusak.

Tapi apakah Anda mengerti semua simbol perawatan baju yang dicantumkan di label baju? Pasti banyak pembaca di sini yang tidak mengerti dan akhirnya menyerahkan baju ke binatu. Namun, ketika semua baju harus dicuci di binatu, pastinya memakan biaya yang tidak murah bukan?

Seperti dilansir dari Huffingtonpost,com, Kamis (25/8/2016), Jonathan Walford, seorang kurator di Fashion History Museum mengatakan, simbol perawatan baju tersebut hadir semenjak era 1950-an, di Eropa. Yang kemudian, mulai hadir di Amerika di era 70-an. Layaknya ukuran temperatur dan metrik, simbol di Amerika dan Eropa juga memiliki perbedaan, namun menurut Jonathan tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok.

Yang menarik, sistem simbol ini mudah dipahami jika Anda telah mengerti dasar-dasar simbol. Dan jika Anda mengikuti peraturan perawatan, tak dipungkiri baju akan lebih tahan lama.

Simbol dibagi menjadi 5 elemen penting, yaitu proses mencuci (washing), pemutihan (bleaching), mengeringkan (drying), seterika (ironing), dan tanda peringatan (warning). Dalam tiap simbol Anda akan menemukan angka (biasanya untuk menunjukkan derajat selsius) atau tanda titik bulat yang berarti temperatur. Untuk garis biasanya menandakan kekuatan atau kecepatan putaran mesin cuci.

Agar lebih jelas, simak tabel simbol dan arti berikut. Selamat mencoba!