Sukses

7 Pertanyaan Vital Ini Bikin Merek Dagang Anda Jadi Top Brand

Refleksikan merek Anda dengan menjawab tujuh pertanyaan penting untuk membawa merek Anda berada dalam jajaran top brand

Liputan6.com, Jakarta Mendirikan dan menjalankan perusahaan rintisan memang bukan hal mudah. Terutama dalam membangun sebuah merek, butuh proses berkelanjutan bukan instan. Seperti masa-masa awal General Manager Ralali.com, Irwan Suryady dan rekannya sesama pendiri Joseph Aditya membuat merek Ralali yang dikenal sebagai B2B (Business-to-Business), Online Marketplace, dan produk MRO (Maintenance, Repair, Operational).

Namun seiring waktu, kita akan menemukan berbagai macam hal dalam jalur rencana yang bisa jadi tidak ada dalam perhitungan. Namun, jika ingin mendaki dan membawa merek kita ke jajaran top, ada baiknya untuk berhenti sejenak dan melakukan refleksi diri.

Saat melakukan refleksi diri, lihatlah diri kita. Lihat dan telaahlah hal-hal apa saja yang membentuk diri kita. Apakah merek yang kita bawa merepresentasikan diri kita?

Berdasarkan pengalamannya membesut Ralali, Irwan menyarankan para pebisnis untuk mencoba bertanya kepada diri sendiri. Tujuan pertanyaan-pertanyaan ini untuk mengetahui apakah Anda satu jiwa dengan merek yang ingin Anda bawa lebih tinggi?

7 pertanyaan untuk mengangkat merek Anda lebih tinggi:
1. Adakah minimal tiga atribut merek Anda yang juga mendeskripsikan diri Anda?
2. Tahukah Anda hal apakah yang menjadi kekuatan utama merek Anda dan diri Anda?
3. Dapatkah Anda mendeskripsikan dengan jelas diferensiasi yang Anda miliki? Diferensiasi yang membuat merek Anda berbeda dengan kompetitor sejenis?
4. Apakah Anda dan merek Anda memiliki pernyataan positioning yang jelas dan menyampaikan hal yang Anda tawarkan dan bagi siapa?
5. Dapatkah Anda menjelaskan secara detail audiens utama Anda dan merek Anda? Mengapa audiens harus mengetahui tentang merek Anda sehingga Anda dapat mencapai cita-cita?
6. Apakah Anda memiliki rencana-rencana masa depan yang dapat meningkatkan visibilitas merek Anda di hadapan audiens utama?
7. Apakah Anda memiliki acuan atau guru yang mampu membantu Anda untuk terus meningkatkan kapabilitas diri sendiri dan merek Anda?

Semoga bisa membuka pengetahuan baru lagi jika untuk bisa mengangkat merek semakin tinggi, Anda harus menjadi satu dengan merek Anda. Ingatlah jika merek Anda adalah apa yang orang-orang rasakan dan lihat mengenai Anda. Anda harus memahami apa yang dilihat lingkungan sekitar sebagai kekuatan, kelemahan, dan diferensiasi Anda.

Proaktiflah mencari berbagai macam masukan untuk menciptakan merek Anda yang unik dan berbeda. Bersikaplah konsisten dan jadilah diri Anda yang asli dan sejati. Jika Anda sudah sampai di puncak sebagai merek top, selamat! Ingatlah untuk membagikan pengalaman dan ilmu yang telah Anda peroleh ke lingkungan sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.