Sukses

6 Kesalahan Bahasa Tubuh yang Sering Dilakukan Orang

Liputan6.com, Jakarta Saat berinteraksi dengan orang lain, kita tidak mengetahui gerakan tubuh yang kita lakukan. Bisa saja gerakan tubuh kita menyampaikan pesan yang salah kepada lawan bicara tanpa kita maksud. Ada beberapa kesalahan etiket dalam berkomunikasi yang dapat merusak hubungan antara 2 orang.

Selain gerakan tubuh, ucapan yang keluar dari mulut tak kalah penting untuk diperhatikan. Demikian juga cara kita menyimak atau mendengarkan orang lain. Dikutip dari situs Themuse pada Rabu (30/3/2016), berikut kesalahan-kesalahan bahasa tubuh yang sering orang lakukan tanpa disadari dan bagaimana cara memperbaikinya.

1. Menyilangkan lengan di depan dada membuat kesan bahwa Anda adalah orang yang tak percaya diri dan galak. Biarkan tangan Anda relaks di samping tubuh agar Anda terlihat lebih ramah dan terbuka.
2. Kontak mata yang tidak konsisten menunjukkan bahwa Anda sedang bosan. Lakukan kontak mata untuk menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan pembicaraan yang sedang terjadi.
3. Terlalu banyak bergerak memberi kesan bahwa Anda gelisah dan bosan. Salurkan kegelisahan Anda melalui gerakan tangan ringan.
4. Posisi tubuh yang tidak menghadap ke lawan memberi kesan Anda tidak tertarik dengan pembicaraan. Berdirilah menghadap lawan bicara agar Anda terlihat lebih tertarik dan terlibat dalam pembicaraan tersebut.
5. Jangan berikan ekspresi wajah yang tidak ramah jika Anda tidak ingin dianggap sebagai orang yang tidak menyenangkan dan kurang bisa didekati. Awali dan akhiri percakapan dengan senyuman untuk memberi kesan positif bagi lawan bicara.
6. Jabatan tangan yang asal-asalan memberikan kesan pertama yang kurang baik. Berjabat tanganlah dengan erat untuk menunjukkan karakter diri yang positif.

Agar lebih jelas, simak video yang menunjukkan kesalahan bahasa tubuh yang sering dilakukan dan bagaimana cara memperbaikinya.

 

 

Loading