Sukses

Kiat Mudah Menjadi Pahlawan bagi Orang Lain

Liputan6.com, Jakarta

Pahlawan adalah sosok yang dikagumi banyak orang. Hal ini tak lepas dari segala jasa dan pengorbanan yang diberikan untuk banyak orang.

Untuk menjadi pahlawan nasional maupun pahlawan kemanusiaan memanglah tidak mudah, butuh waktu dan proses panjang. Namun, untuk menjadi sosok pahlawan dalam arti yang sederhana, yakni bermanfaat buat orang terdekat, sangatlah mudah sebab nilai-nilai kepahlawanan sebenarnya sudah ada di dalam diri setiap orang.

Untuk membangkitkan nilai-nilai kepahlawanan tersebut butuh kemauan dan ketulusan. Berikut delapan kiat mudah yang bisa kamu lakukan:

1. Asah Empati

Jangan selalu melihat ke atas. Sesekali lihatlah ke bawah dan keadaan orang-orang yang ada di sekitar kamu. Bersyukurlah jika hidup kamu lebih beruntung bisa makan enak di restoran. Bandingkan dengan orang lain yang masih berjualan di bawah terik matahari demi sesuap nasi.

Sesekali sapalah mereka. Dari situ akan tumbuh rasa empati yang pada gilirannya memunculkan kesadaran baru untuk melakukan sesuatu.

2. Peduli pada Orang lain

Mengutamakan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi merupakan salah satu sikap yang mencerminkan kepahlawanan. Untuk bisa peduli pada orang lain caranya sangat mudah, Anda tinggal berusaha membahagiakan orang lain dan membantunya menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi.

3. Menghargai Orang Lain

Ada pepatah yang bilang kalau menghargai orang lain sama dengan menghargai diri sendiri. Jadi, ingatlah bahwa jangan memandang remeh orang lain maupun merendahkannya jika tidak ingin diperlakukan serupa. Jika Anda merasa lebih tahu dan lebih pintar, jangan lantas gampang menyalahkan orang lain yang memiliki pendapat berbeda. Jelaskanlah dengan tutur kata yang lembut dan bijak.

4. Berkorban

Bukan hanya kepentingan orang lain yang diutamakan, Anda pun harus mengorbankan waktu dan harta Anda untuk orang lain. Jika berkorban demi orang termasuk sikap seorang pahlawan, bagaimana cara menumbuhkan jiwa rela berkorban ini. 

Jika hari libur biasa Anda gunakan untuk istirahat, sesekali waktu libur gunakan untuk bekerja bakti membersihkan sampah atau lainnya. Jika setiap bulan Anda belanja baju untuk diri sendiri, sesekali belanjalah untuk kebutuhan anak-anak panti asuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kiat Selanjutnya

5. Tulus

Saat melakukan sesuatu jangan disertai pamrih karena seorang pahlawan tidak mengenal pamrih atas apa yang telah dia berikan. Sikap tanpa pamrih bisa dilatih, misalnya dengan menutup mata terhadap kebaikan yang telah Anda lakukan dan tidak mengumbar kebaikan secara berlebihan.

6. Jujur

Jangan malu untuk mengakui kesalahan diri sendiri karena seorang pahlawan tak luput dari kesalahan. Sebab kebenaran yang mutlak hanya milik Sang Pencipta.

7. Berani Berbicara

Ketika Anda melihat tindakan atau perkataan yang melenceng dari norma-norma, beranikanlah untuk bersuara dan menegur. Meski berat, hal ini sangat penting untuk dilakukan demi kebaikan banyak orang. Karena sesuatu yang dipendam dan dikeluhkan di belakang tidak baik untuk perkembangan diri dan lingkungan.

8. Action

Teori saja tidak cukup. Anda harus beraksi untuk membangkitkan nilai-nilai kepahlawanan dalam diri. Ketika Anda mengalami masalah dan hambatan, ingatlah untuk tidak mudah menyerah. Fokuslah pada tujuan dan mimpi Anda.

Salah satu action paling mudah dan sederhana adalah dengan menggerakkan jari ke layar seperti yang dijelaskan di link berikut ini.

Selamat beraksi dan menjadi pahlawan bagi orang lain.

Powered By:

Bukalapak.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS