Sukses

5 Cara Kreatif Manfaatkan Plastik agar Tidak Jadi Bencana

Penerapan kantung plastik berbayar belum cukup, dibutuhkan juga gaya hidup yang ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Plastik menjadi permasalahan besar kini. Barang yang tidak bisa terurai dengan cepat ini menumpuk di bumi dari tahun ke tahun. Bahkan sebagian wilayah di Indonesia telah menerapkan kantung plastik berbayar untuk meminimalisasi pemakaian plastik. Meski demikian, hal tersebut bukan satu-satunya cara, pasalnya masih banyak cara lain yang bisa dilakukan, salah satu yang paling utama adalah menerapkan gaya hidup cinta lingkungan.

Bagi Anda yang kreatif, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan fungsi plastik yang sudah tidak terpakai. Selain mendatangkan keuntungan, hal ini tentu dapat mengurangi keberadaan plastik di bumi. Seperti dikutip dari onegreenplanet, Sabtu (27/2/2016), berikut beberapa ide memanfaatkan plastik yang sudah tidak terpakai. 

Wadah Mentega
Ada kalanya saat membutuhkan sedikit mentega, Anda harus membelinya dalam wadah plastik yang besar. Hal tersebut tentu sangat realistis. Meski demikian, Anda butuh sedikit kepedulian untuk tetap mau menggunakan wadah tersebut saat mentega telah habis. Wadah mentega bisa digunakan kembali untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah wadah bekal makanan ke sekolah.

Botol Pil
Tidak ada satu pun orang yang mau sakit. Namun bagi keluarga yang baik selalu menyediakan obat-obatan di rumah. Tak heran jika botol pil plastik akan memenuhi rumah Anda. Bentuk dan ukuran botol pil yang unik, sebenarnya masih bisa digunakan untuk wadah yang lain, seperti sampo, lotion, atau bubuk ramuan yang sewaktu-waktu bisa kita butuhkan.

Kartu Perdana
Ada berapa banyak orang yang mengganti kartu telepon seluler dalam sebulan? Banyak orang tidak menyadari, ampas dari potongan kartu seluler dan berbagai kartu lainnya yang sudah tidak terpakai bisa mendatangkan permasalahan sendiri, yaitu sampah plastik yang menumpuk. Sebenarnya jika Anda bisa lebih kreatif, Anda dan orang lain bisa memanfaatkan sampah ini untuk dijadikan pick gitar. Simpel namun bernilai manfaat tinggi.

Wadah CD
Wadah CD yang sudah tidak terpakai tentu mengganggu pemandangan di kamar Anda. bentuknya yang besar akan mengacaukan bagian lain dari kamar yang sudah tertata rapi. Sebenarnya tanpa usaha yang susah, wadah bekas CD bisa digunakan kembali sebagai tempat gulungan kabel.

Bungkus Plastik
Saat membeli barang elektronik, Anda tidak hanya mendapatkan barang yang Anda impikan, tetapi juga segudang pastik yang dibawanya. Jangan buang terlebih dahulu plastik-plastik tersebut, Anda bisa menggunakannya sebagai alas tempat tidur hewan peliharaan Anda di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini